Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Konsumsi Makanan Sehat Selama Anda Berpuasa
manfaat makan buah dan sayur

Konsumsi Makanan Sehat Selama Anda Berpuasa

manfaat makan buah dan sayur

Berpuasa adalah salah satu cara kita beribadah. Banyak godaan dalam menjalankan ibadah puasa, salah satunya adalah menahan haus dan lapar. Bukan itu saja, saat berbukapun masih menunggu godaan berupa banyaknya pilihan makanan yang tersedia. Karena pada faktanya saat bulan puasa akan banyaknya para penjual makanan di area-area tertentu yang belum tentu baik bagi tubuh saat dikonsumsi untuk berbuka.

Untuk itu maka diartikel ini akan kita ulas makanan apa saja yang baik Anda konsumsi saat Anda berbuka puasa sehingga tubuh akan tetap sehat dan segar.

  1. Makanan Berkarbohidrat

Saat berpuasa tubuh tentunya membutuh glukosa yang cukup sehingga tubuh tetap bugar, oleh karena itu disaat berbuka sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup. Karena karbohidrat akan berubah menjadi glukosa atau zat gula yang berfungsi sebagai energi saat Anda beraktifitas disaat berpuasa. Seperti kita ketahui secara umum karbohidrat terdapat pada nasi, roti dan lainnya.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Hidrasi sering menginggapi saat bulan puasa. Apalagi seseorang dengan aktifitas luar ruangan maka asupan cairan dalam tubuh haruslah cukup. Disarankan Anda meminum air putih dengan takaran 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari dan dilanjutkan 2 gelas disaat Anda sahur pagi.

  1. Konsumsi Makanan Berserat

Dalam hal ini Anda lebih disarankan mengkonsumsi sayur dan juga kacang-kacangan. Sayur dan kacang-kacangan mengandung serat sehingga memperlambat penguraian makanan yang terjadi didalam usus.

  1. Konsumsi Buah

Buah merupakan hidangan yang dianjurkan saat berbuka. Seperti yang sudah dicontohkan Nabi Muhammad. Kurma merupakan buah rekomended disaat Anda berbuka, dikarenakan didalam buah tersebut mengandung zat gula yang bagus untuk tetap menambahkan energi terhadap tubuh. Selain kurma ada beberapa buah lagi yang baik dikonsumsi setelah berbuka seperti buah alpukat, timun, jeruk dan juga buah blewah.

Maka dari itu banyak sekali manfaat yang bisa didapat tubuh dengan makan buah saat berpuasa, selain itu dengan makan buah maka kita sudah menggalakkan program pemerintah yaitu GERMAS dimana salah satunya adalah dengan makan buah dan sayuran

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Solve : *
24 × 14 =