Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Waspada Diabetes Pada Anak

Waspada Diabetes Pada Anak

Diabetes selama ini dikenal sebagai penyakit orang tua, akan tetapi seiring dengan perubahan zaman, kini tidak hanya orang tua saja yang mungkin mengalami diabetes tapi juga anak-anak. Pada anak-anak gejala diabetes tidak mudah dikenali, akan tetapi orang tua tetap harus siaga dengan kondisi ini.

Jumlah anak penderita diabetesĀ 

Anak penderita diabetes ada sangat banyak jumlahnya saat ini. Di dunia tercatat bahwa hampir 70.000 kasus anak penderita diabetes yang dilaporkan tiap harinya. Sedangkan di Indonesia, hampir tiap bulan selalu ada kasus baru anak yang menderita penyakit ini.

Jenis penyakit diabetes pada anak

Penyakit ini adalah salah satu penyakit tidak menular yang sangat berbahaya dan mengancam siapa saja bahkan anak yang baru lahir. Kasus diabetes ada 2 jenis yaitu kasus diabetes tipe 1 yang ditularkan dan tipe 2 yang terjadi menurut proses tubuh.

Diabetes tipe 1 ini terjadi karena kerusakan sel pankreas yang menyebabkan insulin tidak bisa diproduksi. Sedangkan untuk diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang yang mengalami obesitas di mana insulin yang diproduksi tidak cukup untuk memecah gula.

Mengenali diabetes pada anakĀ 

Pada anak yang memiliki keluarga penderita diabetes perlu diwaspadai lebih banyak. Selain itu, jika anak sering mengalami gatal-gatal, sering haus, sering buang air kecil bahkan sampai mengompol, maka perlu diperhatikan kembali dan dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia