Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Pentingnya Cek Kesehatan Secara Berkala
gambar mengenai cara cek kesehatan berkala

Pentingnya Cek Kesehatan Secara Berkala

gambar mengenai cara cek kesehatan berkala

Periksa kesehatan secara berkala memang sangat penting untuk mengetahui keadaan kesehatan tubuh kita. Tetapi sekarang ini banyak orang mengabaikan medical checkup ini. Entah karena alasan tidak paham atau alasan klasik karena kesibukan dalam pekerjaan jadi tidak sempat lagi untuk melakukan checkup ini. Faktanya, banyak orang yang jatuh sakit tanpa mengetahui terlebih dahulu jika mereka mengidap penyakit tertentu yang tergolong berat. Banyak anak muda yang keseharian terlihat sehat tetapi mendadak jatuh sakit karena adanya serangan kanker.

Pemeriksaan berkala sendiri memang ada tahapannya. Tidak serta merta kita hanya datang pada satu rumah sakit untuk melakukan medical checkup. Pembagian tersebut terbagi berdasarkan umur.

  • Anak-Anak

Pemeriksaan pada anak-anak lebih mengarah pada tinggi dan berat badan saja. Dimana sudah ada perhitungan ideal perkembangan anak untuk tinggi dan berat badan setiap tahunnya. Selain itu tekanan darah juga diperiksa. Untuk pemeriksaan ini dilakukan pada anak berumur 7-12 tahun.

  • Remaja

Beda lagi dengan cara pemeriksaan kesehatan berkala untuk anak. Untuk remaja yang berkisaran umur 13-18 tahun hal yang dilakukan selain memantau tinggi dan berat badan adalah memeriksa bagian testis bagi remaja pria. Hal ini untuk memastikan tidak ada perkembangan abnormal dan juga hernia.

  • Dewasa

Kategori dewasa adalah seseorang dengan umur 19-39 tahun. Jika Anda sudah menginjak umur ini Anda harus siap melakukan serangkaian medical checkup dari pemeriksaan gula, fungsi teroid, kolesterol, hati dan juga ginjal. Untuk wanita juga melakukan checkup pemeriksaan payudara karena wanita rentan terkena kanker payudara, jadi pencegahan dini sangat penting disini.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*