Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Tes Ini Bisa Tentukan Kualitas Hidup Penderita Kanker

Tes Ini Bisa Tentukan Kualitas Hidup Penderita Kanker

Kanker merupakan penyakit yang mematikan dan memiliki banyak jenis khususnya salah satunya kanker payudara. Tidak sedikit dari penderita kanker yang akhirnya meninggal dunia. Meski demikian, ada juga yang sanggup melawan dan selamat.

Baru-baru ini, sebuah tes terbaru dapat menentukan kualitas hidup pasien yang terkena kanker. Tes tersebut adalah molekuler yang dapat menentukan pasien mana berisiko rendah yang meninggal akibat kanker payudara.

“Ini merupakan langkah maju yang penting untuk perawatan personal bagi wanita dengan kanker payudara,” ujar peneliti dari University of California, San Francisco di AS Laura J Esserman seperti dikutip dari Zeenews.

Penelitian ini menjelaskan bahwa tes ini molekuler ini dilakukan dengan memeriksa beberapa bagian kanker seperti di area payudara dengan menggunakan simpul negatif. Tes ini pun bisa menentukkan kualitas hidup penderitanya.

“Sekarang kita dapat menguji kanker payudara simpul negatif, dan jika mereka berada dalam kategori risiko ultralow, kita dapat memberi tahu wanita bahwa mereka sangat tidak mungkin meninggal karena kankernya dan tidak memerlukan perawatan agresif, termasuk radiasi setelah lumpektomi,” katanya.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Oncology, para peneliti berusaha untuk menentukan apakah tes gen-70 dapat mengidentifikasi kanker dengan tepat. Hasilnya menunjukkan bahwa tes gen-70 dapat digunakan untuk membantu dokter dan pasien menentukan pengobatan mereka, dan untuk memberi tahu pilihan terapi sistemik serta terapi lokal.

Selain tes molekuler terdapat rangkaian tes yang harus dilakukan. Diantaranya adalah tes diagnostik agar mengidentifikasi tumor berisiko ultralow.

Saat ini sudah seharusnya kita bisa menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam aktivitas sehari hari. Manfaat PHBS dalam kehidupan sangat besar terutama tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

PHBS bisa diterapkan dimana saja termasuk juga PHBS rumah tangga, PHBS di sekolah dan PHBS di tempat kerja. Indikator PHBS bisa berjalan dengan baik adalah kesadaran diri sendiri dalam menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia