Home / Nasional / Bencana / Kenali Penyebab Tanah Longsor

Kenali Penyebab Tanah Longsor

Beberapa wilayah Indonesia masuk dalam zona merah sebagai daerah rawan longsor. Beberapa bencana longsor besar pernah terjadi di tanah air. Belum lama ini, bencana tanah longsor terjadi di Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat  pada Senin (31/12/2018) sekitar pukul 17.00 WIB. Bencana longsor tersebut merenggut puluhan korban jiwa.

Tanah longsor merupakan bencana hidrometeorologi yang terjadi di Indonesia ketika memasuki musim penghujan. Prediksi ini sudah disampaikan langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui prakiraan bencara tahun 2019.

Dalam informasi tersebut, tanah longsor dan bencana hidrometeorologi lainnya akan terjadi di beberapa daerah di Indonesia pada awal tahun hingga April 2019 serta akhir tahun saat musim hujan. Oleh sebab itu bagi mereka yang tinggal dikawasan rawan longsor harus mengerti penyebab terjadinya tanah longsor.

Tanah longsor didefinisikan sebagai jenis gerakan masa tanah atau batuan atau bahkan campuran dari keduanya, menuruni atau keluar lereng akibat ketidakstabilan tanah atau batuan penyusun lereng. Penyebabnya yaitu karena ada dua faktor yaitu faktor pendorong dan pemicu.

Kedua faktor ini bisa terjadi akibat alam ataupun aktivitas manusia. Seperti saat hujan dengan intensitas tinggi dan cukup lama yang bisa merusak susunan tanah yang stabil karena terlalu  banyak jumlah air yang meresap hingga melebihi kemampuan tampung tanah itu sendiri.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*