Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Cara Mencegah KLB Diare Ketika Banjir

Cara Mencegah KLB Diare Ketika Banjir

Ketika masuk musim penghujan, kita akan dibayangi oleh bencana banjir. Ya bencana ini seakan sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. bukan hanya menimbulkan kerusakan, bencana banjir juga bisa mengakibatkan korban jiwa.

Ada berbagai macam cara untuk menyelamatkan korban banjir baik dalam bentuk evakuasi korban ataupun penanganan pengungsi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko bencana untuk para pengungi. Baik dari angka penyakit ataupun kematian.

Makanan serta minuman yang layak untuk para pengungsi harus diupayakan, selain itu masalah kesehatan lingkungan di area pengungsian juga harus di perhatikan untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit seperti  Kejadian luar biasa (KLB) diare dan dengue hemoragic fever (DBD) yang bisa terjadi pasca banjir. Dan berikut adalah tips mencegah KLB diare ketika banjir.

  • Para pengungsi harus mendapatkan makanan dan minuman yang cukup. Dapur umum yang disediakan harus selalu mendapatkan suplai bahan makanan dan air bersih. Jangan pernah mengkonsumsi makanan yang sudah lewat waktu untuk mencegah keracunan.
  • Makanan yang dikonsumsi harus dalam keadaan fres. Lakukan gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) untuk menghindari infeksi usus
  • Jaga kebersihan lingkungan pengungsian. Bersihkan tempat sampah di area pengungsian. Selain itu, lokasi juga harus dibersihkan dengan antiseptik.
  • Jangan lupa juga stok obat sederhana untuk para pengungsi. Obat seperti obat penurun panas, obat anti diare, obat sakit kepala dan oralit. Bagi anak-anak perlu upaya untuk melakukan trauma healing dengan pengadaan buku-buku bacaan, mainan anak-anak dan kelompok-kelompok bermain untuk anak

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*