Home / Ekonomi / Dunia Usaha / Kemendes Terbitkan Program Usaha di Bali

Kemendes Terbitkan Program Usaha di Bali

Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri. Beberapa program terus dikeluarkan untuk bisa menopang ekonomi dalam negeri. Salah satu upaya yang sedang digenjot adalah penguatan ekonomi dipedesaan. Sebab di pedesaan memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi dan bisa menjadi pondasi untuk menopang ekonomi nasional. Kementerian Desa Tertinggal, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT) semakin gencar mengeluarkan program yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian di wilayah pedesaan dengan berbasis masyarakat, kini Kemendes tengah membangun Usaha Bersama Komunitas (UBK).

Dalam program yang dikeluarkan Kemendes, nantinya pihak kementerian akan memberikan bantuan pengembangan usaha bisnis yang bertujuan untuk mendorong meningkatkan ekonomi dipedesaan bersama dengan komunitas Desa. Program UBK ini baru di luncurkan pada tanggal 14 Desember 2016 di Kuta, Bali. Program UBK ini sebagai bentuk perwujudan dari One Village One Product (OVOP), yang dimana setiap desa ditargetkan mempunyai produk unggulan yang akan dikelola oleh Badan usaha milik desa. Nantinya Kemendes akan memberikan fasilitas permodalan, penguatan manajemen hingga peralatan produksi.

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes, Faizul Ishom, mengatakan, bahwa ia sangat optimis dengan bantuan program UBK sehingga bisa memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi khususnya untuk ekonomi desa sehingga bisa menjadi pondasi yang kokoh untuk menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Solve : *
7 + 11 =