Home / Ekonomi / Dunia Usaha / Bisnis UKM Perlu Manfaatkan Internet Untuk Pemasaran Produk

Bisnis UKM Perlu Manfaatkan Internet Untuk Pemasaran Produk

Persaingan dunia Bisnis semakin ketat, ditambah dengan perkembangan Era Digital yang semakin meningkat sehingga pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) perlu memanfaatkan internet sebagai salah satu strategi dalam melakukan promosi dan pemasaran produknya. Sebab saat ini era digital sudah menjadi bagian dari perdagangan baik secara nasional ataupun global. Sebab banyak pelaku bisnis yang melakukan transaksi jual beli online.

Menteri Koperasi dan UKM menyarankan agar pelaku UKM harus semua sudah memanfaatkan jasa era digital ini dan digitalisasi UKM sudah jadi keharusan. Pemasaran produk melalui Internet bisa meningkatkan penjualan produk, karena jangkauan pasar akan lebih luas. Sehingga ini bisa membantu meningkatkan produksi dan produktifitas UKM.

Pelaku UKM digital harus bisa menjawab berbagi tantangan seperti menjaga kontinuitas dan kualitas produk. Jika tantangan ini bisa dilewati, bukan tidak mungkin pelaku UKM akan cepat sukses dan berkembang.

Untuk meningkatkan Komunitas UKM Digital, Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng PT Telkom mendigitalisasi UKM. Targetnya 50% dari 49 Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan menengah (PLUT-KUMKM) bakal jadi klinik bisnis Kampung UKM Digital. Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan kembali industri UKM dan bisa bersaing di Pasar Digital

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Solve : *
16 − 9 =