Home / Nasional / Umum / Inflasi Tahun 2016 Di Prediksi Sekitar 3.2%

Inflasi Tahun 2016 Di Prediksi Sekitar 3.2%

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang terus membaik, Bank Indonesia (BI) memprediksikan tingkat inflasi untuk tahun 2016 ini sekitar 3.2%. patokan angka tersebut lebih rendah jika di bandingkan dengan inflasi yang terjadi tahun sebelumnya yang berada di angka 3.35%. perlu di ketahui., indonesia sempat menyentuh angka inflasi sebesar 8.3%. angka inflasi tersebut terjadi pada tahun 2013-2014. Hal ini tentu semakin menyusutkan pendapatan masyarakat dan juga menurunkan daya beli di dalam negeri.

kondisi ekonomi yang semakin membaik

Namun sejak tahun 2015. Tingkat inflasi di indonesia semakin membaik karena di dorong oleh kondisi ekonomi yang semakin membaik. Dan pada tahun 2016 ini, tingkat inflasi diprediksi akan terus membaik. Hal ini bisa dilihat dari inflasi di kuartal II sebesar 3,21%. Torehan angka inflasi tersebut meleset sesuai ekspetasi, karena pemerintah memprediksikan tingkat inflasi sekitar 4% namun ternyata jauh lebih kecil yaitu 3.21%. pemerintah mengharapkan tingkat inflasi sepanjang tahun ini masih di kisaran 3.2%

Hal tersebut di sampaikan oleh Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa, jika inflasi berada pada kisaran 3%-5%, maka pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5%-5,4%. Angka ini lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi pada 2015 yang sebesar 4,8%. Diharapkan kondisi ekonomi indonesia akan terus membaik hingga akhir tahun ini.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia