Home / Ekonomi / Komoditi / Indonesia Akan Segera Bangun Kampung Bawang

Indonesia Akan Segera Bangun Kampung Bawang

Indonesia memiliki daerah penghasil bawang, yaitu di Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Brebes sudah sejak lama dikenal sebagai Kabupaten penghasil bawang merah di Indonesia. bawang yang berada dipasaran masih sebagian besar berasal dari brebes. Belum lama ini, sudah ada wacana tentangĀ  pembentukan kampung bawang di Brebes. Kampung bawang akan dibuat menyebar di beberapa desa di Brebes. Rencana nya pembuatan kampung bawang ini didirikan oleh Bulog yang akan menggandeng kemitraan bersama BUMN lain seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Mitra Kerja lainnya.

Nantinya kampung bawang ini akan menjadi lokasi dari pusat kegiayan jual beli bawang dan distribusi bawang merah, namun bukan hanya bawang saja ada berbagai macam komoditas lainnya yang ada di kampung bawang tersebut. Tujuan pendiriannya untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dan bernilai positif bagi petani maupun masyarakat sekitarnya. Untuk langkah awal, Buloh akan mempersiapkan mendirikan 100 kampung bawang merah di daerah Hilir, hal ini juga sebagai cara untuk bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahtraan petani. Langkah ini juga diambil untuk bisa mengurangi kemiskinan.

Dalam proses pembentukan kampung bawang ini akan melibatkan OJK, OJK nantinya akan membantu dalam penyediaan dana. Kebutuhan petani akan disediakan namun harus melalui verivikasi terlebih dahulu. Langkah ini juga diambil untuk mengantisipasi terjadinya penunggakan yang justru akan memberatkan petani karena ketidakpastian pengembalian pinjaman dana. Minimal akan tersedia 600 kampung bawang di Brebes sehingga akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokoknya

 

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Solve : *
2 × 16 =