Home / Gaya Hidup / Kesehatan / 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa di Bulan Ramadan
Doc. Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang

5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa di Bulan Ramadan

Hari ini, 13 April 2021 adalah hari pertama umat muslim menjalankan ibadah puasa. Sama seperti tahun sebelumnya, ibadah puasa bulan Ramadan berjalan ditengah pandemi Covid-19 dan musim peralihan atau pancaroba.

Berdasarkan kondisi tersebut, masyarakat yang berpuasa diharuskan tetap menjaga kesehatan tubuh agar kuat dalam menjalankan aktivitas seharian dan tidak mudah terserang penyakit terutama tertular Covid-19. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan selama berpuasa.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Perubahan pola makanan saat berpuasa tentu akan membuat tubuh perlu asupan yang cukup agar tidak mudah lapar, haus, dan terpapar penyakit. oleh karena itu, ketika sahur dan buka sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang agar nutrisi dalam tubuh tercukupi, khususnya ketika sahur.

  1. Batasi Makanan Berminyak, Asin, dan Tinggi Gula

Daya tahan tubuh akan terganggu apabila terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak, asin, dan memiliki kadar gula yang tinggi. Hal tersebut akan membuat tubuh mudah lesu dan haus sehingga akan mengganggu aktivitas selama berpuasa.

Sebagai gantinya, konsumsi sayur yang tinggi serat dan buah-buahan serta daging ketika sahur dan berbuka agar nutrisi tubuh terjaga.

  1. Tidak Mengkonsumsi Makanan Secara Berlebihan Ketika Berbuka

Berbuka merupakan momen yang paling ditunggu-ditunggu ketika menjalankan puasa. Tak sedikit orang menjadikan berbuka sebagai ajang balas dendam karena telah menahan rasa lapar dan mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Kondisi tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan pencernaan. Pencernaan yang tidak bekerja seharian, kemudian diberi asupan yang berlebihan sangat berpotensi timbulnya penyakit, khususnya gangguan pencernaan.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih tetaplah menjadi pilihan terbaik dalam memberi asupan cairan pada tubuh. Banyak minum air putih ketika berbuka dan sahur dapat menjaga tubuh dari dehidrasi selama beraktivitas di bulan puasa.

  1. Istirahat dan Olahraga yang Cukup

Selama bulan puasa dianjurkan untuk beristirahat dan berolahraga yang cukup agar tubuh tetap sehat dan menghindari potensi mengantuk, lemas, dan lesu akibat begadang. Selain itu, olahraga yang dianjurkan ketika berpuasa adalah olahraga ringan seperti, yoga, jogging, dsb.

About Rivaldi Pamungkas

Avatar