Home / Nasional / Bencana / Gempa Magnitundo 6,1 Melanda Malang
Doc. BMKG

Gempa Magnitundo 6,1 Melanda Malang

Pada Sabtu, 10 April 2021 lalu, Indonesia kembali diguncang bencana gempa bumi yang melanda wilayah Malang dan sekitarnya. Gempa yang dirasakan di Malang ini bermagnitundo 6,7 dan berpusat di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Malang, Jawa Timur, pada kedalaman 80 km.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Daryono mengungkapkan bahwa gempa yang mengguncang malang adalah gempa menengah Zona Beniof. Hal ini berdasarkan pada analisis deformasi atau patahan batuan yang terjadi berada pada slab lempeng Indo-Australia yang menunjam dan tersubduksi menukik ke bawah Lempeng Eurasia di bawah lepas pantai selatan Malang.

Selain wilayah Malang dan sekitarnya, gempa juga dirasakan di Banjarnegara dan Bali bagian timur akibat hiposenter gempa yang cukup dalam. Sementara itu, kerusakan yang diakibatkan oleh gempa terhitung ringan dibeberapa wilayah dan masih dalam proses pendataan.

Berdasarkan data sementara, Daryono menyampaikan Kabupaten Trenggalek dan Kota Malang kerusakan rumah warga berada pada kategori ringan hingga sedang. Sedangkan Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Lumajang kerusakan berada pada kategori sedang hingga berat.

Saat ini pemerintah daerah dan BNPB terus berkoordinasi dan memantau lokasi di berbagai daerah bencana untuk mempersiapkan langkah pasca bencana. Masyarakat juga diimbau untuk tetap waspada dengan gempa susulan yang terjadi dan tetap mengikuti arahan petugas.

About Rivaldi Pamungkas

Avatar