Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Rutin Minum Susu Segelas Sehari Turunkan Risiko Terkena Diabetes

Rutin Minum Susu Segelas Sehari Turunkan Risiko Terkena Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National University of Singapore, Singapura menunjukkan bahwa rutin minum susu berisiko rendah terkena diabetes dan hipertensi. Penelitian ini menunjukan, orang dewasa yang minum susu satu gelas setiap hari memiliki risiko diabetes 12% dan 6% hipertensi lebih rendah.

Dilansir dari The Straits Times, penelitian serupa dilakukan terhadap konsumen produk susu, yang terdiri dari 11 kelompok makanan olahan susu. Hasilnya pun ditemukan responden yang mengonsumsi rata-rata 252 gram susu per hari memiliki risiko hipertensi dan diabetes sebesar 7—11% lebih rendah.

Peneliti juga memantau responden selama 10 tahun. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penduduk Asia minum susu lebih sedikit dibandingkan negara lainnya. Seperti halnya penduduk China yang minum sekitar 20 liter susu per kapita pada tahun 2013 dan Finlandia mengonsumsi 125 liter susu per kapita pada tahun 2013.

“Orang Asia juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit susu daripada orang Barat karena adanya perbedaan masakan. Roti, yang mengandung mentega biasa tersaji di banyak negara Eropa, sedangkan makanan pokok kita yang ada di sini, rata-rata nasi,” papar Prof Koh Woon Puay.

Promosi Kesehatan merupakan program dari pemerintah yang menunjuk Kementerian Kesehatan khususnya Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Agar terdapat petugas promosi kesehatan yang nantinya berada di setiap puskesmas sebagai lembaga pelayanan kesehatan yang bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Tujuan promosi kesehatan adalah agar dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait peningkatan kualitas kesehatan, baik kesehatan individu ataupun kelompok. Promosi kesehatan bisa dilakukan dimana saja termasuk juga promosi kesehatan di sekolah dan promosi kesehatan di tempat kerja. Dan Direktorat Promosi Kesehatan bertugas untuk menyiapkan dan melakukan kegiatan promosi kesehatan dan melakukan penyebarluasan segala bentuk informasi kesehatan kepada masyarakat.

Konsep promosi kesehatan itu sendiri adalah dengan memberikan edukasi dan sosialisasi tentang kesehatan kepada masyarakat di semua kalangan. contoh promosi kesehatan yang tengah digaungkan adalah program Indonesia Eliminasi Tuberkulosis pada tahun 2030.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*