Home / Gaya Hidup / Wisata / Spot Terbaik Melancong ke Pontianak

Spot Terbaik Melancong ke Pontianak

Objek Wisata Tugu KhatulistiwaMenepakan kaki di Kalimantan Barat membuat takjub para wisatawan. Salah satu provinsi di Indonesia yang beribukotakan Pontianak ini memiliki banyak sekali keindahan wisata yang sangat menakjubkan. Keindahan wisata tersebut terukir jelas mulai dari alam, budaya, kuliner, Olahraga, belanja dan masih banyak wisata lainnya.

Kalimantan Barat juga disebut sebagai provinsi “seribu sungai”, karena disini kita bisa menemukan banyak sekali sungai mulai dari sungai terbesar sampai sungai terkecil. sesampainya di Pontianak ada 10 tempat wisata yang tak boleh terlewatkan. Karena ada keindahan tersendiri yang di tunjukan dari objek wisata tersebut.

Berikut 10 Obyek wisata Wajib di Kalimantan Barat :

  1. Pulau Simping
    Pulau yang terletak di Perairan Pantai Teluk Jantu Singkawang ini berukuran sangat kecil dengan memiliki luas sekitar 1 hektar dan menjadikan pulau ini sebagai Pulau terkecil di dunia.
  2. Danau Sentarum
    Danau Sentarum terletak di Kapuas Hulu, berjarak 700km dari Pontianak. Danau ini disebut-sebut sebagai celengan air raksasa. Karena disetiap musim hujan airnya akan mencapai 14 meter. Luas dari danau ini adalah 132 h.
  3. Bukit Selam
    Cagar alam yang memiliki luas 520 hektar ini terletak di Kabupaten Sintang dengan ketinggian 900 mdpl dengan kemiringan 15-40 derajat. BUkit ini sangat cocok buat kalian yang ingin hiking, trekking, panjat tebing dan paragliding.
  4. Pantai Temanjuk
    Indonesia memang memiliki banyak pantai yang indah salah satunya adalah Pantai Temanjuk yang terletak di Kecamatan Paloh. Pantai yang berada 120 km dari kota Sambas ini berbatasan langsung dengan Laut Natuna dan Malaysia Timur. Dan buat kalian yang suka Sky Diving atau Berselancar datanglah pada bulan Oktober hingga Februari karena kalian akan menemukan ombak yang tingginya mencapai 2 meter yang sangat menakjubkan.
  5. Tugu Khatulistiwa
    Kalau di Jakarta kita punya Tugu Monas, di Pontianak Utara juga punya tugu yang biasa disebut sebagai “Tugu Khatulistiwa”. Tugu yang dibangun pada tahun 1928 ini memiliki peristiwa yang sangat menakjubkan. Peristiwa tersebut adalah terjadinya fenomena alam ketika titik matahari berada tepat di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu.Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.
  6. Air Terjun Banangar
    Air terjun yang memiliki lebar dan tinggi 60 meter ini berada di Dusun perbuak Desa Merayuh, Air Besar, Landak. Dibawah air terjun terdapat Danau yang sangat luas yang biasa digunakan untuk mandi berenang dan memancing.
  7. Wisata Nusantara
    Terletak di Pontianak dengan panjang 90 meter. Tempat ini menawarkan berbagai macam permainan. Tempat ini telah diresmikan pada 12 Mei 2010 oleh Bapak Ria Norsan selaku Bupati Pontianak.
  8. Sumber Air Panas Sipatn Lotup
    Terletak di Desa Jangkang, Kecamatan Balai Sebut, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, sekitar 6 jam perjalanan dari Pontianak. Pemda setempat tampaknya sudah mengemas lokasi air panas yang mempunyai temperatur antara 52 – 55 derajat Celcius tersebut menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi. Kolam pemandian air hangat dan fasilitas umum penunjang telah dibangun.
  9. Istana Muliakarta
    Terletak di Desa Muliakarta,Kecamatan Benua Kayong,Kabupaten Ketapang. Dibangun oleh pangeran perdana menteri Haji Muhammad Sabran, Sultan ke-14 kesultanan Tanjungpura yang berkuasa dari tahun 1845 sampai tahun 1924.
  10. Pulau Selimpai
    pulau yang terletak di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Memiliki keindahan Pantai dengan luas Pantai 200 ha. Pulau Selimpai ini jarak tempuhnya sekitar 7 km dari ibukota Kecamatan Paloh dan 80 km dari pusat Ibukota Kabupaten Sambas. Merupakan tempat penakaran penyu untuk di lindungi agar tidak punah.Pulau Selimpai yang ini memiliki Berbagai beberapa Spesies Penyu, menurut catatan Satgas, Pantai Selimpai dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Paloh, ada empat jenis penyu yang ada di Pulau Ini yaitu : Penyu hijau, Penyu sisik, Penyu lekan, dan Penyu belimbing

Yuk Berwisata ke Pontianak !

Hasil pencarian dari:

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*