Home / Gaya Hidup / Metode Pelayanan Vaksinasi Bagi Lansia Yang Diselenggarakan Secara Massal

Metode Pelayanan Vaksinasi Bagi Lansia Yang Diselenggarakan Secara Massal

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi lansia akan segera dimulai. Pemerintah siap mendistribusikan 7 juta vaksin pada pelaksanaan vaksinasi kali ini.

Siti Nadia Tarmizi, M.Epid selaku Jubir Vaksinasi Covid-19 menjelaskan dengan adanya keterbatasan vaksin yang tersedia maka vaksinasi akan diprioritaskan bagi kelompok Lansia di atas 60 tahun yang berada di seluruh Provinsi DKI Jakarta dan juga ibukota provinsi di 33 provinsi.

Selain diselenggarakan oleh fasilitas kesehatan atau puskesmas setempat, vaksinasi juga akan diselenggarakan secara massal.

Penyelenggaraan  vaksinasi secara massal dapat dilakukan oleh organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Organisasi atau institusi yang dapat menyelenggarakan antara lain, organisasi ASN, Organisasi kemasyarakatan, dan organisasi keagamaan.

Syarat penyelenggaraan vaksinasi massal ini adalah adanya kerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan provinsi kabupaten/kota sehingga penyelenggaraan tersebut tetap dalam pengawasan pemerintah.

Selain itu, setiap tempat pelaksanaan vaksinasi harus menyertakan narahubung yang berasal dari kabupaten/kota atau provinsi tersebut. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam mengatasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

“Meskipun nanti sudah di vaksinasi kita tetap harus melaksanakan program kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) meskipun kita telah divaksinasi. Karena kemungkinan kita untuk terpapar virus akan tetap ada namun kemungkinan untuk penderita gejala parah akan semakin kecil,” ucap dr. Nadia.

About Rivaldi Pamungkas

Avatar