Home / Nasional / Awal Tahun, Harga BBM Berpotensi Naik

Awal Tahun, Harga BBM Berpotensi Naik

Pada bulan Januari 2016 Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diperkirakan akan mengalami kenaikan. Hal tersebut dikarenakan harga BBM jenis Solar yang dijual oleh PT Pertamina (Persero) jauh lebih rendah daripada harga di pasar global. Menurut Pertamina, seharusnya sejak bulan Oktober 2016 harga solar sudah mulai naik. Harga Solar seharusnya lebih tinggi Rp 1200 perliter dari harga Rp 5.150 perliter. Menurut Wakil Direktur Utama Pertamina, Ahmad Bambang mengatakan bahwa Pertamina kini masih terbebani defisit harga solar Rp 700 perliter. Walapun pemerintah masih memberikan subsidi untuk BBM jenis Solar sebesar Rp 500 perliter.”ujarnya”

Sehingga bisa diprediksikan pada awal tahun 2017 harga BBM jenis solar akan mengalami kenaikan lebih tinggi mengikuti harga minyak di pasar global yang sudah mengalami kenaikan. Sehingga Pertamina akan menaikan harga solar lebih tinggi sekitar Rp 500 perliter. Bukan hanya solar, harga BBM jenis Premium dan Pertalite juga kemungkinan besar akan mengalami kenaikan, namun jumlah kenaikan tidak besar sebab masih bisa ditanggung oleh keuntungan yang diperoleh oleh pertamina dari penjualan BBM premium dan pertalite hingga saat ini. walaupun menipis namun Premium masih memiliki keuntungan. saat ini Pertamina masih menunggu kebijakan pemerintah untuk menaikan harga BBM pada tahun depan. Sebab pemerintah masih ragu untuk menaikan harga mengikuti harga minyak di tahun 2017. Sementara laba pertamina tidak bisa digunakan untuk tahun depan.

Kementerian ESDM menegaskan bahwa saat ini harga minyak di spot global memang sedang mengalami kenaikan, namun Pihaknya masih belum bisa memastikan besaran kenaikan harga bbm di dalam negeri sebab pemerintah mash terus melakukan perhitungan kenaikan harga tersebut. walaupun belum resmi diputuskan namun bisa dipastikan akan mengalami kenaikan. Keputusan kenaikan BBM bisa dilihat pada akhir Desember 2016 dengan melihat tren harga selama kurun waktu tiga bulan terakhir. Kini pihaknya masih menunggu hingga akhir 2016, dan akan melakukan evaluasi selama tiga bulanan. Namun untuk pastinya harga BBM jenis Solar yang sudah pasti akan naik.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Solve : *
26 − 12 =