Home / Gaya Hidup / Yogyakarta Rencanakan Gerakan Indonesia Membaca

Yogyakarta Rencanakan Gerakan Indonesia Membaca

Dinas Pendidikan Yogyakarta merencanakan membentuk Gerakan Indonesia Wajib Membaca sebagai salah satu langkah untuk menciptakan Yogyakarta sebagai kota literasi. Nantinya, untuk pengembangan literasi tidak hanya di sekolah formal dan nonformal, namun juga akan dilakukan di lingkungan masyarakat . sehingga program literasi tersebut bisa berkelanjutan. Ucap Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri

Dilingkungan sekolah, kegiatan literasi akan dilakukan untuk berbagai kegiatan seperti membaca buku selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai, menyediakan pojok buku kelas hingga pelatihan menulis untuk siswa.

Sementara itu untuk dilingkungan masyarakat, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca adalah dengan membentuk kampung literasi di Kampung Tegalpanggung, serta membentuk Kampung Sains di Kampung Karangkajen bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan.

Bukan hanya itu, Dinas Pendidikan yogyakarta juga akan segera menyusun rencana untuk aksi mewujudkan Yogyakarta sebagai kota literasi yang berdaya saing dengan penguasaan pada enam dasar literasi yaitu literasi baca tulis, berhitung, sains, teknologi informasi dan komunikasi, keuangan, serta literasi budaya dan kewarganegaraan.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*