Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Ini Efek Samping Jika mengkonsumsi Vitamin C Berlebihan

Ini Efek Samping Jika mengkonsumsi Vitamin C Berlebihan

Tubuh memang sangat membutuhkan Vitamin untuk menjaga kesehatan. Tentu jika kita kekurangan Vitamin, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan. Dan hal ini sangat dihindari. Vitamin yang biasa dikonsumsi biasanya Vitamin C, karena mudah didapat. Vitamin C berperan untuk mencegah terjadinya penyakit. Namun ternyata jika terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh.

Jika kita berlebihan dalam mengkonsumsi Vitamin C, efek yang paling mungkin terjadi adalah gangguna pencernaan, Kram perut, diare, sakit kepala hingga muntah muntah.

Seperti dikutip Live Strong, efek samping tersebut terjadi karena adanya tingkat keasaman Vitamin C yang terlalu tinggi. selain itu, vitamin c mengandung zat besi. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan mampu memberikan efek toksik untuk tubuh.

Sementara itu menurut National Heart, Lung and Blod Institute, menerangkan bahwa efek toksik bisa menimbulkan keracunan organ dan juga kerusakan organ seperti, hati, pankrean hingga jantung.

Mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen secara berlebihan akan mempengaruhi hormon progesteron. Bahkan menurut New Encyclopedia of Vitamins, Minerals, Supplements and Herbs. Ibu hamil yang berlebihan mengkonsumsi Vitamin C beresiko kelahiran cacat.

Sementara itu, konsumsi vitamin C yang baik adalah 65 hingga 90 Mg (Miligram). Jika berlebihan, maka akan dibuang oleh tubuh melalui urine. Jika tidak bisa menampungnya, hal ini yang akan menimbulkan efek samping

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*