Home / Gaya Hidup / Kuliner / Resep Kenikmatan Wedang Uwuh, Ternyata Daun Palanya dari Kompleks Makam Imogiri

Resep Kenikmatan Wedang Uwuh, Ternyata Daun Palanya dari Kompleks Makam Imogiri

MINUMAN wedang uwuh memang dikenal sebagai kuliner khas Imogiri. Tapi tahukah Anda, kenikmatan rasanya ternyata berkat daun pala yang didapatkan dari dalam kompleks Makam Raja Yogyakarta di Imogiri.

Wedang uwuh sebagai kuliner khas Imogiri terus berkembang. Jika sebelumnya hanya di lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta, kini produk rumahan itu sudah merambah hotel dan restoran seantero negeri. Kondisi ini tentu makin melengkapi kuliner di Imogiri, tetapi juga mendorong sektor wisata dan perekonomian.

Satu hal pembeda dengan minuman lain, yakni wedang uwuh khas Imogiri salah satu bahan racikannya memanfaatkan daun pala yang hanya ada di dalam kompleks Makam Raja Yogyakarta di Imogiri.

Eko Suciati, salah satu pembuat wedang uwuh mengatakan, daun pala yang diambil harus lewat abdi dalem penjaga makam.

“Daun pala dari makam raja itu tidak bisa tergantikan, kita tidak bisa mengambil sendiri, tetapi lewat abdi dalem,” ungkapnya.

Selama ini, sebenarnya juga bisa memanfaatkan duan pala dari luar Jawa. Namun, rasanya jauh beda dengan wedang uwuh berbahan daun pala dari makam Imogiri. Dijelaskannya, komposisi untuk membuat satu gelas wedang uwuh terdiri cengkeh, daun pala dari makam raja, kayu secang, kayu manis, gula batu, serta jahe.

Perkembangan salah satu jenis kuliner ini memang sangat cepat. Awalnya, masyarakat setempat hanya sekadar menyeduh minuman tanpa adanya nama khusus. Namun, dengan brand wedang uwuh sebagai produk khas dari Imogiri ini kini telah makin dikenal. Demikian ditulis situs Krjogja.

 

Sumber : Okezone

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*