Home / Ekonomi / Dunia Usaha / Produk Tenun Sulawesi Tenggara Cemerlang di Pasar Eropa

Produk Tenun Sulawesi Tenggara Cemerlang di Pasar Eropa

Sudah sejak lama produk kerajinan tangan asal Indonesia memiliki pasar ekspor yang luas terutama untuk di Eropa. Beberapa negara eropa sudah menjadi langganan ekspor untuk produk kerajinan dari Indonesia. Kali ini, Produk Kerajinan tenun dari Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah masuk kebebrapa negara di Eropa seperti Belanda dan Prancis. Pemesan juga berasal dari pengusaha dari negara negara tersebut.

Bukan hanya itu, produk tenun asal Sultra juga turut dipasarkan sejumlah negara di Asia dan Timur tengah seperti Kuwait, Lebanon, Dubai Uni Emirat Arab dan Mumbai India. Hal ini dilakukan karena produk asal Indonesia sudah memiliki pasar yang luas, sehingga kini akan mulai di genjot lagi.

Menurut Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan bahwa, kerajinan kain tenun khas Sulawesi Tenggara bukan hanya dipasarkan untuk di dalam negeri melainkan untuk menembus pasar internasional . mengingat prospek tenun Sultra ini semakin cemerlang di Pasar Eropa.

Selain itu, untuk peningkatan juga dilakukan berbagai macam promosi. Promosi juga turun menggandeng Cita Tenun Indonesia (CTI). Yang mendapat dukungan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Dengan langkah ini diharapkan akan meningkatkan pesanan kain tenun diluar negeri.

Kini negara seperti Perancis, Uni Emirat Arab dan India sudah memesan tenun Sultra dengan jumlah besar. Dan jumlah nya terus mengalami peningkatan

 

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*