Home / Ekonomi / Dunia Usaha / Membangun Engagement melalui Buku

Membangun Engagement melalui Buku

Membangun Engagement sudah menjadi sesuatu yang harus dilakukan agar perusahaan bisa tetap bertahan di era digital dengan perkembangan yang pesat ini. Di beberapa negara toko toko buku masih tetap bertumbuh walaupun industri cetak sedang mengalami penurunan. Bukan hanya satu atau dua negara, industri media cetak diseluruh sedang mengalami penurunan yang sangat drastis.

Secara perlahan, media cetak tergantikan dengan media digital mulai dari koran, majalah, hingga buku. Fenomena ini tentu berimbas pada berbagai industri, termasuk toko buku. Seperti di Amerika Serikat, yang mengalami penurunan penjualan buku, akibat menurunya industri cetak di Amerika berimbas terhadap penurunan toko buku. Di luar dugaan, ternyata masih banyak toko buku independen yang bertahan, dan bahkan mempunyai performa yang baik-baik saja. Di tengah gempuran media digital yang semakin pesat. Lalu apa saja rahasianya ?

Menciptakan Kedekatan dengan Pelanggan

Toko buku independen banyak mendapatkan persaingan dari rantai buku nasional yang besar, ditambah dengan media digital yang sering memberikan diskon tinggi plus kemudahan mendapatkan bahan bacaan dalam waktu singkat kapan pun dan di mana pun. Namun toko independen sudah lama melibatkan para pelanggan yang berhubungan dengan beraktifitas. Strategi membangun Engagement ini sudah lama diterapkan dengan baik oleh toko buku independen untuk menjalin komunikasi dan keharmonisan bersama pelanggan.

Dari Media Sosial ke Aktivitas Fisik atau Sebaliknya

Dari topik buku yang menarik bisa membangun suatu komunitas yang bisa melibatkan antara penulis dan pembaca. Komunitas ini bisa dibangun melalui media sosial secara langsung oleh pemilik toko buku independen. Sehingga mereka akan merasa memiliki sarana dan fasilitas yang bisa menemani hobinya. Temu antar anggota komunitas dan acara diskusi bedah buku pun kerap diadakan. Teknologi digital dan media sosial berperan penting sebagai pembuka strategi engagement, terutama untuk penyebaran informasi secara cepat dan tepat sasaran.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*