Home / Ekonomi / Dunia Usaha / Bukopin rangkul fintech luncurkan tabungan digital

Bukopin rangkul fintech luncurkan tabungan digital

Industri perbankan semakin serius mengarahkan bisnisnya ke arah digital. Ambil contoh PT Bank Bukopin Tbk.

Tidak ingin ketinggalan, dalam waktu dekat, Bukopin akan meluncurkan produk tabungan berbasis digital bernama Tabungan Woke pada 10 Juli 2017 mendatang.

Direktur Pengembangan Bisnis Teknologi Informasi (TI) Bukopin, Adhi Brahmantya mengatakan pihaknya juga telah menggandeng sedikitnya 10 perusahaan rintisan atau start-up yang bergerak di teknologi finansial (tekfin) guna menunjang produk tersebut.

“Sebagian fitur dari produk Tabungan Woke itu kontribusi dari start-up binaan Bukopin,” kata Adhi saat dihubungi KONTAN, Rabu (5/7).

Produk tabungan digital milik Bukopin ini terbagi menjadi dua tipe, yakni registered dan unregistered.

Adapun untuk tipe registered, nasabah memiliki uang berupa tabungan yang tersimpan di server Bank Bukopin. Sementara unregistered, seluruh transaksi dapat digunakan melalui dompet elektronik atau e-wallet.

Lanjut Adhi, guna mendorong bisnis perseroan ke arah digital, bank milik PT Bosowa Corporindo ini juga telah membangun unit bisnis baru yang bergerak di inovasi digital perbankan.

Sementara itu, untuk menunjang teknologi digital perbankan, bank bersandi saham BBKP ini telah menganggarkan sedikitnya Rp 500 miliar untuk investasi TI hingga tahun 2018 mendatang.

Sebagai langkah awal, Bukopin optimis dapat merangkul sedikitnya 2.000 nasabah baru lewat produk tabungan digital di tahun pertama. Adapun sektor yang disasar perseroan antara lain pariwisata, logistik, dan segmen ritel.

Bukopin juga telah bekerjasama dengan PT Telkomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) untuk sistem. Sementara untuk merchant, saat ini Bukopin telah menggandeng 16.000 lebih merchant.

“Kita sudah masuk ke sekolah dan universitas, setahun pertama kita target 2.000 nasabah,” tambahnya.

Tidak hanya lewat produk digital, Bukopin juga berencana mendirikan kantor digital atau digital branch dalam waktu dekat.

 

Sumber :Kontan

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*