Home / Ekonomi / Persaingan Industri Tekstil akan Diperkuat Dengan Melawan Produk Impor

Persaingan Industri Tekstil akan Diperkuat Dengan Melawan Produk Impor

Kini pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan industri dalam negeri. Hampir setiap sektor digenjot pemerintah untuk bisa memberikan produksi yang bisa bersaing dengan produk unggulan impor. Kementerian Perindustrian akan memperkuat daya persaingan untuk industri tekstil (TPT) nasional sehingga bisa memberikan produk yang lebih berkualitas jika dibandingkan barang impor. Sehingga produk dalam negeri bisa menang baik dipasar domestik ataupun pasar internasional. Sepanjang tahun 2016 industri TPT sudah terlihat mengalami pertumbuhan yang signifikan, dan sangat diharapkan untuk tahun 2017 nanti bisa menjadi Rising Industry yang bisa mendorong pertumbuhan dan meningkatkan kontribusinya terutama untuk ekonomi dalam negeri.

Menurut Sekjen Kementerian Perindustrian Syarif Hidayat, sektor ini menjadi sektor priorotas yang memiliki rantai nilai dan juga proses yang telah di integrasikan dari hulu hingga hilir.”ungkapnya”. berdasarkan data Kemenperin, selama tahun 2015, produk industri TPT nasional mencatatkan nilai ekspor sebesar 12.28 miliar USD atau sekitar 8.17% dari total ekspor nasional. Selain itu turut menyumbang surplus devisa negara sebesar 4.31 miliar USD yang sebagian besar berasal dari industri Pakaian atau Garmen.

Kini Kemenperin akan melakukan kerja sama dengan pemangku kepentingan terkait untuk bisa memberikan kebijakan khusus dan tepat untuk meningkatkan daya saing industri TPT Nasional, antara lain akan melakukan pembebsar pajak pertambahan nilai untuk bahan baku industri TPT yang berorientasi ekspor dan penurunan harga gas yang memiliki skala ke ekonomian.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Solve : *
26 − 22 =