Home / Ekonomi / Dunia Usaha / 5 Tips Sukses ala JK Rowling

5 Tips Sukses ala JK Rowling

Nama JK Rowling melambung dan banyak diperbincangkan masyarakat berkat buku karyanya berjudul Harry Potter yang laku keras di pasaran. Meski sebelumnya banyak sekali penerbit yang menolak tulisan Harry Potter karyanya, seiring dengan berjalannya waktu, karya Rowling semakin terkenal bahkan hingga diangkat ke dalam sebuah film.

Kesuksesan ini dipengaruhi semangat dan kerja kerasnya selama ini. Dalam rangka hari jadi Harry Potter ke-20 tahun, JK Rowling membagi tips suksesnya yang ia tuangkan dalam status di akun Twitter pribadinya.

Berikut beberapa tips sukses dari JK Rowling yang bisa Anda coba seperti dilansir CNBC

Jangan takut gagal

JK Rowling menegaskan pentingnya mental baja dalam meraih kesuksesan. Ia mengimbau untuk tidak takut gagal dalam menghasilkan sebuah karya.

Menurut Rowling, selalu ada pelajaran yang bisa diambil dari tiap kegagalan yang menghampiri.

“Walaupun Anda sudah bersusah payah membuat karya tapi tidak mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat, jangan sedih. Akan ada hal lain yang bisa Anda pelajari dari sana,” tulis Rowling dalam status Twitternya.

“Dan omong-omong, walaupun karya itu tidak disukai masyarakat, bukan berarti itu karya yang buruk,” ucap dia.

2. Disiplin

Disiplin juga menjadi faktor penting dalam mendukung kesuksesan seseorang. Tanpa disiplin, keinginan untuk sukses hanya akan jadi angan-angan saja.

“Kedisiplinan menyelesaikan suatu karya kreatif merupakan satu hal yang bisa Anda banggakan,” ujarnya.

3. Berani memulai

Banyak orang yang ingin sukses, tetapi selalu mengulur waktu untuk melakukan perubahan dalam hidupnya. Rowling menuturkan, kesuksesan bermula dari langkah pertama yang berani Anda ambil untuk berubah.

“Anda harus berubah dari seseorang yang hanya berangan-angan, seseorang yang ingin mencoba menjadi seseorang yang benar-benar melakukannya,” tutur dia.

4. Jangan takut penolakan

Selama berkarier sebagai penulis, Rowling mendapat banyak sekali penolakan dari para penerbit. Ia bahkan harus mencoba memasukkan tulisannya berkali-kali sebelum bisa dicetak dan dibukukan.

Namun, hal inilah yang menjadi faktor utama penentu kesuksesan seseorang. “Setelah Anda berhasil, Anda akan yakin bisa melakukan hal itu lagi. Jadi jangan pernah takut penolakan,” ungkap dia.

5. Selesaikan apa yang sudah dimulai

Terakhir, Rowling mengimbau untuk selalu menyelesaikan apa yang sudah dimulai. Banyak orang yang hanya bersemangat di awal, tapi pada akhirnya terlena dan akhirnya lupa pada tujuan akhir yang ingin dicapai.

“Anda tidak akan pernah tahu hasilnya sampai menyelesaikan apa yang sudah Anda mulai,” tulis Rowling dalam Twitternya.

 

Sumber : Liputan6

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*