Home / Ekonomi / Bisnis / Kemenperin Harapkan Ekspor Tekstil Bisa Meningkat

Kemenperin Harapkan Ekspor Tekstil Bisa Meningkat

Semakin membaiknya roda ekonomi di Indonesia, diharapkan bisa berdampak juga terhadap ekspor Tekstil dan Produk Tekstil (TPT). Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mentargetkan hasil ekspor tekstil bisa naik 5 sampai 8% hingga akhir tahun 2016. Hal tersebut karena pada tahun sebelumnya nilai ekspor produk ini mengalami penurunan hingga 4%. Dan diharapkan tahun ini bisa naik hingga 8% karena mengikuti pertumbuhan ekonomi indonesia yang semakin membaik.

Saat ini kemenperin masih melakukan pemetaan kondisi industri tekstil dari hulu hingga hilir, hingga bisa mengetahui hal apa saja yang menjadi penghambat dalam proses ekspor ini, seperti harga energi atau semakin maraknya produk impor yang menekan laju ekspor tekstil indonesia.

Namun yang menjadi kendala ialah, masih banyak tekstil impor yang masuk secara ilegal, sehingga ini menjadi penghambat juga untuk ekspor tekstil. Selain itu saat ini Kain impor juga sudah mewarnai indsutri tekstil tanah air, sebab saat ini produksi kain nasional pun sudah ada sehingga kain impor cukup membebani produksi kain lokal untuk produk tekstil.

Beberapa upaya akan dilakukan kemenperin diharapkan bisa meningkatkan kinerja industri TPT sejalan dengan ekonomi nasional yang semakin cemerlang. Ekonomi nasional bertumbuh 5.6% beda dengan tahun sebelumnya yang hanya sebesar 4,79%. Salah satu penghanta roda ekonomi adalah kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*