Home / Nasional / TNI di Turunkan Bersihkan Reruntuhan Pasca Gempa Aceh

TNI di Turunkan Bersihkan Reruntuhan Pasca Gempa Aceh

Kondisi Aceh Pasca Gempa dinilai sudah Kondusif, Ribuan Personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) di turunkan untuk ikut membantu proses pembersihan Puing dari sisa reruntuhan bangunan di Kab Pidie Jaya, Aceh.  Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo Mengatakan bahwa, kini mengarahkan tenaga dari TNI sebagai langkah mempercepat proses pembersihan reruntuhan bangunan pasca gempa di masa tanggap darurat ini.

Anggota TNI yang di turunkan berasal dari Kodam Iskandar Muda, Kodam Bukit Barisan dan Marinir I Jakarta. Setidaknya ada 2.083 pasukan TNI yang diterjunkan untuk membantu membersihkan sisa reruntuhan bangunan di Kab Pidie Jaya. Pembersihan bukan hanya dilakukan menggunakan alat berat namun juga dilakukan secara manual.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memberikan intruksi bahwa penanganan gempa Aceh dilakukan dengan fokus dan cepat. Sehingga Panglima TNI Menurunkan Prajurit TNI untuk membantu proses pembersihan sehingga proses pembangunan bisa di lakukan dengan cepat.

Bukan hanya bangunan seperti Ruko, Masjid, Pasar dan sekolah tapi rumah warga juga mendapatkan perhatian dari para prajurit.

Gatot Menambahkan bahwa, Pembersihan reruntuhan harus cepat dilakukan agar kondisi psikis warga korban gempa cepat pulih dan tidak akan lagi melihat situasi kehancuran.

Pemerintah Aceh menetapkan Status tanggap Darurat gempa Aceh hingga 20 Desember. Kini beberapa instansi terkait terus melakukan upaya terbaik untuk kembali membangun Aceh Pasca Gempa.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Solve : *
30 − 2 =