Home / Nasional / Umum / Surabaya Sudah Punya Hampir 1.400 Taman Bacaan
taman bacaan di surabaya

Surabaya Sudah Punya Hampir 1.400 Taman Bacaan

taman bacaan di surabaya

Saat ini minat baca masyarkat Indonesia semakin minim, hal ini membuat beberapa instansi terkait terus mencoba meningkatkan minat baca masyarakat. Masyarakat saat ini lebih menggunakan gadget dibandingkan dengan harus membaca buku. Salah satunya adalah dengan membuat taman bacaan agar masyarakat bisa dengan mudah untuk membaca.

Kota Surabaya mempunyai setidaknya 1.399 taman bacaan Masayrakat (TBM). Taman bacaan tersebut menyebar dikampung kampung, taman kota, sekolah hingga pesantren. Menurut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya, TBM yang paling banyak dikunjungi masayrakat adalah yang berada di Taman Flora di Jalan Manyar.

TBM Taman Flora mempunyai lebih dari dua ribu koleksi buku bacaan mulai dari cerita anak, novel, buku agama, hingga buku-buku berbagai keahlian. Namun koleksi buku TBM terbilang kecil dibandingkan dengan perpusatakaan karena memang dibuat berukuran kecil dan ditempatkan menyebar agar warga mudah untuk menjangkau.

Selain menyediakan TBM, Pemkot Surabaya juga sudah menyediakan fasilitas Broadband Learning Center (BLC), tempat pendidikan komputer dan internet gratis untuk warga. Sekarang ada 22 BLC yang tersebar di berbagai area Kota Surabaya.

Saat ini Pemkot Surabaya serius untuk meningkatkan kunjungan TBM disetiap lingkungan masyarakat termasuk dengan mendatangkan petugas pendamping untuk mengarahkan anak-anak yang menggunakan layanan itu

 

About Trend Indonesia

Trend Indonesia