Home / Ekonomi / Keuangan / Stok Uang Tunai Untuk Akhir Tahun Oleh BI

Stok Uang Tunai Untuk Akhir Tahun Oleh BI

Menigkatnya kebutuhan uang tunai tertinggi terjadi di jakarta, kebutuhan uang tunai ini meningkat sebanyak 16% dan kemungkinan akan bertambah jika di bandingakan pada tahun sebelumnya dengan stok uang tunai sebanyak Rp.77 triliun.

Sedangkan di Denpasar Bali akan terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai biasanya terjadi pada acara-acara tahunan seperti perayaan hari galunggung yang akan berlangsung pada tanggal 17 desember. untuk wilaBIyah bali, pemerintah sudah mempersiakan uang tunai yang siap di distribusikan sebanyak Rp.2.5 triliun untuk acara besar seperti acara galunggung, natal dan tahun baru.

“BI menyiapkan stok tambahan uang tunai kurang lebih mencapai Rp 169 triliun,” kata Ronald, sebagaimana dikutip dari KONTAN, Rabu (10/12/2014). BI memproyeksikan kebutuhan uang tunai untuk Natal dan Tahun baru sebesar Rp 88,1 triliun pada tahun 2014.

“Bank Indonesia di akhir tahun menyediakan uang kartal Rp 2,5 triliun. Tanda-tanda peningkatan permintaan uang kartal jelang perayaan Hari Raya Galungan yang jatuh pada 17 Desember 2014, sampai minggu pertama Desember ini masih belum terlihat,” kata Kepala Bank Indonesia Wilayah Provinsi Bali, Benny Siswanto, Denpasar, Rabu(10/12/2014).

Pergerakan uang yang terjadi di provinsi bali dengan BI selaku pihak perbangkan Bali berada pada posisi net inflow senilai Rp. 225.23 miliar. hasil tersebut merupakan selisih antara aliran masuk. dan inflow bali mencapai Rp. 995.37 miliar dan outflow bali sekarang sudah mencapai Rp. 770.14 miliar

“Permintaan uang kartal diperkirakan akan mulai menunjukkan peningkatan signifikan pada beberapa Hari Raya Galungan atau pada akhir Minggu kedua Desember 2014,” tambahnya.

Hal ini sudah membentuk suatu pola yang terus menerus berulang sehingga persiapan penambahan uang tunai oleh BI sudah menjadi agenda tetap untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan uang tunai.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*