Home / Internasional / Indonesia berperan penting perkuat hubungan Asean-China

Indonesia berperan penting perkuat hubungan Asean-China

Sekretaris Jenderal Pusat ASEAN-China (ASEA-China Center/ACC) , Yang Xiuping mengatakan Indonesia berperan penting dalam memperkuat hubungan dan kerja sama ASEAN dan China di waktu mendatang.

“Indonesia adalah negara besar di ASEAN, dengan potensi ekonomi yang besar, jumlah penduduk terbanyak di ASEAN. Maka, Indonesia sangat berperan penting untuk meningkatkan hubungan serta kerja sama kedua pihak,” katanya, dalam obrolan dengan ANTARA dalam kunjungannya ke Jakarta pada 3-5 Juli 2017.

Yang Xiuping didampingi Direktur Divisi Informasi dan Kehumasan ACC, Vithit Powattanasuk beserta tujuh media China mengunjungi Jakarta sebagai bagian dari program rutin saling kunjung jurnalis ASEAN dan China yang difasilitasi ACC.

Mantan Duta Besar China untuk ASEAN itu menuturkan Indonesia sebagai salah satu pendiri ASEAN memiliki peran penting untuk memajukan hubungan serta kerja sama ASEAN dan China, di masa mendatang.

“ASEAN dan China memiliki komitmen untuk saling mendukung dan membangun, dan Indonesia memiliki peran penting untuk memperkuat komitmen tersebut,” kata Yang Xiuping.

Ia menambahkan, setiap negara termasuk sebelas negara anggota ASEAN dan China memiliki persoalan masing-masing yang harus diselesaikan. “Namun, melalui hubungan dan kerja sama yang baik, dan kuat maka semua bisa diselesaikan dengan baik pula,” kata Yang Xiuping.

Mantan Atase Divisi Bahasa Mandarin PBB di Jenewa itu mengatakan hubungan dan kerja sama ASEAN dan China semakin hari semakin baik, dan menjanjikan.

“Meski begitu, masih banyak peluang kerja sama yang dapat dilakukan oleh kedua pihak di masa datang. Dan disinilah peran Indonesia untuk mendorong kerja sama baru, memperkuat kerja sama yang telah berjalan baik,” katanya.

Kunjungan Yang Xiuping bersama tujuh media China bertujuan memperkuat saling pemahaman antara masyarakat ASEAN dan China.

Direktur Divisi Informasi dan Kehumasan ACC, Vithit Powattanasuk mengatakan sejak lima tahun silam didirikan, ACC telah banyak berperan mempererat hubungan ASEAN dan China, di bidang kebudayaan, pendidikan, pariwisata, perdagangan serta investasi.

“Namun semua itu tidak akan berarti tanpa dukungan media, baik dari setiap negara ASEAN maupun media China. Media memiliki peran penting untuk mewartakan apa itu ACC dan perannya bagi peningkatan hubungan ASEAN dan China,” tuturnya.

ACC rutin mengundang media ASEAN untuk mengunjungi salah satu daerah di China secara bergiliran, dan media China untuk mengunjugi salah satu negara ASEAN.

 

Sumber : AntaraNews

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*