Home / Ekonomi / Keuangan / Hingga November penurunan Bunga Kredit Turun 67Bps

Hingga November penurunan Bunga Kredit Turun 67Bps

Sampai bulan November 2016 Bank Indonesia Mencatatkan penurunan Suku bunga kredit industri perbankan mencpaai 67 bps terhitung dari tahun ke tahun. Selain itu penurunan suku bunga kredit ini sejalan dengan penurunan suku bunga deposito sampai bulan November 2016 sebesar 131 basis poin terhitung dari tahun ke tahun. Menurut Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Juda Agung mengatakan bahwa, penurunan suku bunga kredit yang terjadi sepanjang bulan November jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Banyak faktor yang mempengaruhi penurunan suku bunga kredit perbankan dalam negeri.

Ia juga menambahkan bahwa, sampai bulan Oktober 2016 penurunan suku bunga kredit perbankan sekitar 62 basis poin yang di ikuti oleh penurunan suku bunga deposito sebesar 129 Basis poin. Namun ia tidak menyebutkan berapa suku bunga kredit dan juga deposito perbankan hingga bulan november 2016, sebab pada bulan sebelumnya di bulan Oktober suku bunga kredit perbankan rata rata sekitar 21.21%. diperkirakan hingga penghujung tahun 2016 ini industri perbankan masih akan stabil dan menjaga likuiditasnya.

Sementara itu di bulan Oktober 2016, suku bunga deposito perbankan dengan tenor 1, 3, 6 dan 12 bulan masing masing mencatatkan kenaikan sebesar 6,63%, 6,84%, 7,31%, dan 7,66%. Selain itu BI juga mengharapkan penurunan suku bunga kredit akan terus terjadi untuk tahun 2017. Selain BI juga memprediksi esiko kredit bisa terlihat dari NPL yang memiliki peluang besar untuk turun

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Solve : *
26 × 13 =