Home / Nasional / Flores Timur Akan bangun Kawasan Ekonomi Khusus

Flores Timur Akan bangun Kawasan Ekonomi Khusus

Masih belum merata nya pertumbuhan ekonomi di Indonesia terutama di daerah pelosok. Perlu perhatian dari pemerintah untuk membangun ekonomi di daerah daerah. Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) meminta kepada pemerintah untuk bisa membangun kawasan ekonomi khusus di Flores Timur tepat nya di Larantuka, Alor dan Lembata. Pemprov NTT mengharapkan Flores Timur bisa dijadikan kawasan ekonomi Khusus. Pernyataan ini disampaikan secara langsung oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya saat menghadiri Puncak acara Hari Nasional 2016 di Lewoleba, Lembata, NTT.

Ia menambahkan bahwa, Larantuka, Alor dan Lembata memiliki peluang yang tinggi untuk bisa dijadikan sumber ekonomi khusus mulai dari sektor kelautan, pertanian, perkebunan dan sektor pariwisata. Disana terdapat aktifitas perburuan ikan paus di Lamalera yang sudah mendunia, selain itu di Alor terdapat pemandangan bawah laut yang katanya lebih cantik dari Karibia. Sehingga bukan tidak mungkin hal tersebut bisa menopang pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut. sebab potensi pariwisata dari daerah tersebut sangat tinggi apalagi kalau bisa menjadi destinasi wisata oleh para wisatawan.

Namun yang menjadi kendala adalah infrastruktur dan akses dari daerah tersebut yang masih terbatas sehingga ini yang dirasa perlu untuk dibenahi. Seperti Lembata, daerah ini berada di daerah terpencil sehingga masih belum banyak dikenal oleh banyak orang di Indonesia. Lembata menjadi bagian lain dari Indonesia, kini Pemprov NTT sedang menjaga keterbatasan fisik di wilayah ini sementara potensi ekonomi diwilayah ini cukup tinggi.

Oleh sebab itu Gubernur NTT sangat mengharapkan pemerintah pusat bisa memberikan akses untuk wilayah ini sehingga akan banyak orang yang akan datang ke daerah ini.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Solve : *
16 − 15 =