Home / Nasional / Umum / BPBD Cianjur Ingatkan Warga Waspada Cuaca Ekstream
berita banjir
informasi berita cianjur

BPBD Cianjur Ingatkan Warga Waspada Cuaca Ekstream

berita banjir

Memasuki musim hujan, masyarakat perlu mewaspadai ancaman bencana banjir dan longsor yang bisa terjadi sewaktu waktu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat. Mengingatkan kepada segenap warga yang tinggal di daerah rawan banjir agar lebih waspada sejalan dengan cuaca ekstream yang kerap terjadi akhir akhir ini sehingga akan memicu bencana alam setiap waktu.

BPBD Cianjur telah memetakan daerah yang masuk dalam zona merah rawan bencana seperti wilayah Cianjur selatan dan utara, sebagian besar terletak di daerah aliran sungai (DAS), seperti di Sungai Cidamar-Kecamatan Cidaun, dan DAS di Desa Girimukti dan Batulawang-Cibinong.

Warga sekitar diminta waspada bahaya banjir

Bagi warga yang bermukim di wilayah utara seperti Desa Babakancaringin-Kecamatan Karangtengah untuk tetap waspada, seiring dengan musim hujan, wilayah tersebut berpotensi terjadi banjir besar, ucap Kepala BPBD Cianjur, Asep Suparman.

Selain itu saat ini sudah ada DAS yang mengalami penyempitan aliran sungai baik disengaja atau tidak, serta perilaku warga, disertai dengan faktor cuaca esktrem. Dengan penyempitan DAS, tentu ini meningkatkan ancaman bencana terjadi saat masuk cuaca ekstream

About Aswin Dityo

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Solve : *
27 − 9 =