Home / Internasional / Antonio Guterres Resmi Menjadi Sekjen PBB

Antonio Guterres Resmi Menjadi Sekjen PBB

Antonio Guterres mantan Perdana Menteri Portugal Resmi dilantik sebagai Sekertaris jendral PBB saat Sidang Majelis umum PBB. jabatan ini sebelumnya dipegang oleh Ban Ki-Moon. Dalam pelantikan tersebut dihadiri juga oleh diplomat tinggi dari negara anggota PBB dan pejabat tinggi PBB. dalam pelantikan, Gutteres mengucapkan sumpah yang dipandu oleh Presiden Majelis Umum Peter Thomson.

Pengangkatan Gutteres merupakan hasil penunjukan oleh Majelis umum PBB yang diangkat sebagi Sekjen ke 9 PBB menggantikan Ban Ki Moon dari Korea Selatan yang masa tugas nya sudah berakhir pada tahun 2016. Gutteres akan menjabat pada tanggal 1 Januari 2017 hingga 31 Desember 2021.

Pada sebelumnya, Politisi Asal prtugal tersebut pernah menjadi Komisioner tinggi PBB urusan pengungsi pada Juni 2005 hingga Desember 2015. Dan ia merupakan perdana menteri Portugal dari 1995 sampai 2002.

Setelah menaytakan sumpah, ia mengatakan kepada majelis umum PBB yang memiliki anggota 193 negara bahwa ia sangat merasa terhormat bisa mendapatkan kepercayaan dari negara Anggota PBB. ia juga menambahkan ajan menjalankan tugas lebih baik sesuai dengan tujuan dan prinsip PBB.

Ia menambahkan, akan berjanji untuk memimpin PBB agar bisa melakukan reformasi agar PBB bisa memberikan dukungan yang baik untuk pembangunan dunia dan perjanjian iklim Paris. ia bertekat untuk menjanjikan perubahan manajemen agar PBB bisa menjadi organisasi yang Gesit, Efisien dan Efektif,”ujarnya”

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Solve : *
16 − 3 =