Home / Nasional / Umum / Wayang Batik Berhasil Tembus Pasar Dunia

Wayang Batik Berhasil Tembus Pasar Dunia

Kerajinan produk wayang batik merupakan kerajinan asal indonesia. produk kerajinan wayang batik dari Kab Karanganyar ternyata banyak di gandrungi oleh konsumen luar negeri. Wayang batik merupakan kerajinan yang menggunakan bahan baku kayu. Kerajinan ini sudah memiliki pasar tersendiri terutama untuk pasar luar negeri. Kerajinan ini sudah di ekspor ke Amerika Serikat dan jepang.

Banyak pengrajin Wayang batik yang sudah mengekspor ke beberapa negara luar negeri. Menurut pengrajin, wayang batik Arif Rahwi, ia mengatakan bahwa belum lama ini, ia sudah mendapatkan pesanan wayang batik untuk di ekspor ke Amerika melalui orang ketiga pihak eksportir di bali. Namun selain itu, ia menjelaskan juga, beberapa kota di indonesia pun sudah banyak yang meminati wayang batik seperti. Bandung, yogyakarta,surabaya,jkarta,dll.”ujarnya.

Pengrajin wayang batik menjelaskan, dalam sebulan mampu menghasilkan 500-700 buah wayang batik. Harga wayang batik pun terblilang sangat bervariasi mulai dari Rp.35.000 hingga Rp. 100.00 tergantung ukuran. Namun yang menjadi kendala adalah, saat melakukan ekpsor pengrajin masih mengandalkan orang ketiga karena terbentur biaya ekspor. wayang batik yang paling di gemari adalah tokoh punakawan dan pandawa liama.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*