Home / Ekonomi / Dunia Usaha / Tips Mudik Dengan Motor Matic

Tips Mudik Dengan Motor Matic

Mudik sudah menjadi kegiatan rutin menjelang Hari Raya Lebaran datang. Bagi yang melewati jalan darat, bisa bisa memakai kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Belakangan ini semakin banyak masyarakat yang pulang kampung memakai sepeda motor karena lebih efisien, simpel, hemat dan terhindar dari macet.pemudik Dengan sepeda motor

Bagi masyarakat yang ingin mudik dengan motor matik harus memperhatikan sejumlah aspek penting. Kendaraan ini tergolong spesial dibandingkan motor sport dan bebek. Sebenarnya matik lebih cocok untuk jarak tempuh pendek, tetapi tak menutup kemungkinan menempuh jarak jauh.

 

Berikut ini tips mudik dengan motor matik yang perlu anda perhatikan.

  1. Belt & Roller
    Belt tak boleh getas karena berfungsi sebagai penghubung atau penggerak antara puli depan dan belakang. Resiko slip dan putus bisa terjadi jika belt ternyata getas. Luangkan waktu sejenak untuk mengecek keausan roller dan pastikan penyesuaian berat roller sudah sempurna.
  1. Velg
    Tak sedikit dari pemilik motor matik yang mengganti velg kendaraannya dengan ukuran diameter lebih besar, misalkan dari ring 14 menjadi 17 inci. Pergantian velg berimbas langsung pada ban, yang mana harus memakai profil ban tipis supaya tidak mentok dek. Bila ingin dipakai pulang mudik, disarankan mengusung velg ukuran standar. Hal ini untuk mengurangi resiko velg sewaktu menghantam lubang. Efek benturan bisa diredam lebih baik jika profil ban lebih tinggi.
  1. Oli
    Pergantian oli merupakan salah satu Tips mudik dengan motor matik yang tak boleh diabaikan. Lakukan hal ini dua atau tiga hari sebelum hari keberangkatan. Jangan lupa mengecek kekencangan mur dan baut, terutama mur yang ada di roda belakang untuk memastikan ban tidak goyang ketika motor matik tengah dipacu.
  1. Sistem kopling
    Adapun tips mudik dengan motor matik yakni memastikan kondisi sistem kopling. Jangan memaksakan motor dikendarai jika kopling mulai aus karena bisa menimbulkan slip akibat kampas tak mampu menekan mangkuk kopling secara sempurna.
  1. Servis
    Sebelum hari keberangkatan, bawa motor ke tempat servis untuk pengecekan kondisi motor secara menyeluruh di tangan profesional.
  1. Keselamatan berkendara
    Adapun tips terakhir mudik dengan motor matik yaitu memakai helm dan pelindung lainnya, termasuk memasang kaca spion. Tindakan ini untuk memperkecil resiko kecelakaan.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*