Home / Ekonomi / Bisnis / Tips Jitu Tingkatkan Jumlah Tabungan dengan Cepat

Tips Jitu Tingkatkan Jumlah Tabungan dengan Cepat

Zaman sekarang, tentunya akan lebih bijak kalau sudah menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung. Tabungan tersebut bisa digunakan untuk dana kalau mau kuliah lagi, dana pendidikan anak di masa depan, atau bahkan untuk dana hari tua saat pensiun nanti.

Anda merasa kurang banyak uang yang bisa ditabung setiap bulannya? Cobalah lima tips jitu berikut untuk meningkatkan jumlah yang bisa kamu tabung dilansir dari carrerealism

1. Pisahkan rekening tabungan

Sebelum melakukan apapun, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka rekening baru di luar rekening untuk transaksi rutin. Buatlah agar rekening yang dikhususkan untuk tabungan terpisah dari rekening untuk transaksi rutin.

Selain lebih mudah untuk mengecek arus keluar masuk kas terkait tabungan, memiliki rekening khusus tabungan akan memberi efek psikologis di mana Anda lebih tidak mudah tergoda untuk mengambil dana di rekening tersebut untuk kebutuhan yang tidak mendesak.

2. Masukan diskon

Apakah sudah menentukan anggaran untuk pengeluaran bulanan? Nah, kalau supermarket atau toko tempat biasa berbelanja kebetulan memberikan program diskon untuk produk tertentu atau karena bekerjasama dengan bank penyedia kartu kredit, masukkan jumlah diskon yang diperoleh tadi menjadi tabungan.

Beberapa supermarket juga sering menyelenggarakan diskon untuk kategori barang tertentu saat ada momen seperti Lebaran atau Natal.

Manfaatkan program diskon ini untuk membeli jumlah yang lebih banyak agar tidak perlu mengeluarkan uang pada bulan-bulan berikutnya dengan harga normal. Anda bisa mendapatkan tabungan tambahan dengan cara ini.

3. Kumpulkan uang receh

3. Kumpulkan uang receh

Saat membayar untuk belanja snack di supermarket atau makan siang di kantin, seringkali mendapat kembalian dalam bentuk receh. Coba dikumpulkan uang receh tersebut dalam satu botol toples. Jangan kaget dengan jumlah yang bisa dikumpulkan dalam satu tahun.

Misalkan menabung receh setiap hari sebesar Rp 2.000. Dalam satu bulan (30 hari), kamu dapat mengumpulkan receh hingga Rp 60 ribu. Jumlah yang akan terkumpul dalam 1 tahun (12 bulan) adalah Rp 720 ribu. Meskipun tidak banyak, jumlah ini tentunya membantu untuk menambah tabungan.

4. Eliminasi pengeluaran yang tak esensial

Pengeluaran yang tidak esensial adalah pengeluaran yang tidak wajib dikeluarkan untuk hidup sehari-hari. Kalau sering menghamburkan uang untuk makan junk food, merokok, atau kegiatan lain yang tidak sehat, Anda bisa coba untuk menguranginya atau bahkan benar-benar menghilangkannya.

Sekarang coba bayangkan kalau berangsur-angsur berhenti merokok dan mengalihkannya ke olahraga jogging setiap pagi. Selain lebih sehat, Anda juga menjadi lebih hemat karena tidak perlu membeli rokok lagi. Lebih mudah memulai dari mengubah gaya hidup sendiri untuk mendapatkan penghematan yang bisa ditabung, bukan?

5. Buka usaha sampingan kecil-kecilan

Bagi yang statusnya karyawan biasa dan takut untuk memulai usaha sendiri seperti restoran atau kafe, tidak perlu khawatir. Ada banyak jenis usaha kecil-kecilan yang mudah dimulai dan dilakoni oleh karyawan kantoran sekalipun. (Vna)

Sumber : Liputan6

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*