Home / Ekonomi / Bisnis / SUN Jadi Incaran Industri Asuransi Jiwa

SUN Jadi Incaran Industri Asuransi Jiwa

Saat ini porsi investasi asuransi jiwa di SUN (Surat Utang Negara) terbilang masih sangat minim dan masih jauh dari batas minimum. Hal ini tentu menjadikan industri Asuransi Jiwa memiliki tugas yang cukup berat agar bisa memenuhi kuota minimal penempatan investasi di SUN. saat ini angka investasi di SUN terbilang masih cukup dan jauh dari rata rata.

Mengacu pada data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) hingga akhir tahun 2016 total dana investasi industri asuransi mencapai Rp 395,9 trilun atau naik 25,8%. Dari total dana tersebut hanya Rp 58 triliun atau 14,7% yang masuk di SUN. hal ini tentu masih jauh dari yang sudah ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kebijakan OJK untuk perusahaan asuransi jiwa agar bisa menempatkan dana di SUN sebesar 20%.

Dengan data tersebut memperlihatkan kemampuan seluruh perusahaan asuransi jiwa sebab sudah ada beberapa perusahaan asuransi jiwa yang berhasil memenuhi aturan. Memang saat ini ada beberapa perusahaan asuransi jiwa yang mengalami kesulitas terutama bagi perusahaan yang portofolionya berasa dari produk asuransi tradisional.

Ditahun 2017 ini, porsi minimal investasi di SUN naik menjadi 30% dari total investasi. dengan kenaikan porsi ini membuat perusahaan asuransi jiwa perlu bekerja keras untuk mencapai target tersebut. namun masih mendapatkan kelonggaran seperti mengganti dengan obligasi BUMN infrastruktur. Saat ini SUN menjadi tujuan yang perlu dicapai oleh perusahaan asuransi jiwa.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*