Home / Nasional / Pemerintahan / “Smart City” Akan Terus Di Kembangkan Di Indonesia

“Smart City” Akan Terus Di Kembangkan Di Indonesia

Indonesia terus menggagas tentang pengembangan di perkotaan untuk bisa menjadi Smart City. Menurut data Asian Development Bank setidaknya sudah ada 80 persen pertumbuhan ekonomi terutama untuk di wilayah Asia di dorong oleh Perkotaan. Oleh sebab itu pusat kota harus bisa bekerja sama untuk bisa mengembangkan kemajuan ekonomi melalui smart City. Saat ini Bank Indonesia juga telah mendukung untuk bisa mengembangkan kemajuan ekonomi terutama untuk di wilayah perkotaan

Untuk bisa mengembangkan sangat membutuhkan rencana yang mata agar Smart City bisa berjalan sesuai harapan. Dengan adanya smart city mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional. Langkah awal yang akan di perhitungkan adalah dengan membuat Master Plan yang nantinya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan juga daerah serta lembaga yang bersangkutan untuk mengembangkan smart city.

Kota di Indonesia berpotensi menjadi smart city 

Indonesia sendiri sangat berpeluang besar untuk membangun Smart city mengingat sudah banyak kota yang besar yang berkembang di indonesia hanya tinggal perencanaannya saja. Jika koordinasi sudah bisa dilakukan kemungkikan besar untuk membangun smart city akan semakin mudah. Kota di indonesia yang berpotensi menjadi smart city antara lain, Banjarmasin, bandung, manado, balikpapan dan makasar. Namun hal ini masih menunggu keputusan dari pemerntah pusat karena harus selaras dengan RPJP 2005-2025 dan RPJMN.

 

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*