Home / Ekonomi / Siap-Siap Tarif Kereta Ekonomi Naik Lagi

Siap-Siap Tarif Kereta Ekonomi Naik Lagi

Sekitar enam tahun lalu tepatnya Oktober 2011, PT Kereta Api Indonesia memberlakukan peraturan yang mengubah drastis kondisi kereta api ekonomi. Peraturan tersebut adalah dengan tidak dijualnya lagi tiket berdiri. Sebelumnya, kereta ekonomi menjadi transportasi favorit kalangan menengah kebawah untuk bepergian jarak menengah hingga jauh. Dengan harga yang murah bisa sampai tujuan.

Peraturan ini merupakan titik balik dimana PT KAI mulai berbenah. Sejak saat itu harga tiket kereta ekonomi selalu mengalami peningkatan sampai saat ini. Mulai 1 Januari 2018, tarif kereta Ekonomi akan mengalami kenaikan lagi, baik jarak sedang atau pun jauh yang bersubsidi.

Menurut Joyce Hutajulu, Kepala Humas Ditjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan, penyesuaian tarif kereta api ini perlu dilakukan karena adanya peningkatan layanan terutama kereta api kelas ekonomi kepada masyarakat.  Peningkatan pelayanan yang akan ditingkatkan di sasar beragan sisi, dari mulai pelayanan di dalam kereta hingga peningkatan pelayanan di stasiun terkait.

“Banyak yang ditingkatkan, misalnya masalah kebersihan, lalu sebagian besar kereta kan juga kita terus upayakan ber-AC, kemudian soal kondisi di stasiunnya lebih bagus dan perjalanannya yang kita tingkatkan,” tuturnya pada wartawan detikFinance (3/10/2017).

Meskipun mengalami kenaikan, PT KAI konsisten untuk memberikan pelayanan terbaiknya. Bisa diamati dimana sekarang sebagian besar kereta ekonomi sudah terpasang pendingin ruangan atau AC pada setiap gerbongnya. Kemudian mulai diperketat dimana para pedagang asongan dilarang untuk berjualan. Citra negatif pada kereta ekonomi kini mulai luntur, dimana dulu sering dipandang sebagai kereta kumuh. Selain pelayanan kualitas di dalam gerbong kereta Ekonomi, PT KAI juga akan menambah kuantitas kereta api ekonomi.

Kenaikan tarif diterapkan mulai 1 Januari 2018, namun tiket sudah bisa dipesan sejak 2 November 2017 atau H-60 di loket penjualan tiket KA resmi. Total kereta api ekonomi yang akan mengalami penyesuaian tarif adalah 20 rute. Penyesuaian ini untuk meningkatkan kualitas kereta dan stasiun-stasiun sekitar yang dilewati oleh rute-rute tersebut.

Meskipun tarif dipastikan naik, namun kualitas pelayanan juga pasti akan meningkat. Mengingat kinerja PT KAI di beberapa tahun ini meningkat dengan baik.

About Intan Pratiwi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*