Home / Ekonomi / Bisnis / Serba Serbi Untung Rugi Belanja Online

Serba Serbi Untung Rugi Belanja Online

Di era serba online saat ini kebutuhan pokok, sandang pangan dan papan bisa didapatkan dengan hanya duduk didepan layar monitor atau gadget. Dengan belanja online dinilai kita bisa menghemat waktu dan tenaga untuk membeli barang favorit, tentu saja selain keuntungannya ternyata ada beberapa hal negatif yang kita dapat dari belanja online. Berikut adalah daftar untung rugi seputar belanja online.

Keuntungan Belanja Online

  • Harga produk lebih terjangkau ketimbang membeli barang dari pasar retail atau toko toko. Seperti yang kita ketahui banyak sekali website e-commerce yang memberikan kesempatan kepada para penjual menggelar lapak sebanyak-banyak dengan gratis, selain itu penjual juga bisa menghemat pengeluaran dari menggaji pegawai atau penyewaan lapak.
  • Potongan harga gila gilaan yang sering ditawarkan di website e-commerce menjadi daya tarik dan keuntungan sendiri kepada para pembeli
  • Kemudahan transaksi yang ditawarkan menjadi primadona sendiri bagi para calon pembeli, selain itu banyak juga website e-commerce yang menawarkan pengiriman barang dengan ongkos kirim gratis. Selain itu pembayaran dapat dilakukan kapan saja dimana saja 24 jam, karena rata rata menggunakan internet banking.
  • Kemudahan lain yang bisa didapatkan adalah bisa dengan mudah melakukan komparasi produk satu dengan yang lainnya, hunting barang bisa sesuai dan yang memang menjadi target awal.

Kekurangan Belanja Online

  • Pembeli tidak bisa merasakan langsung atau uji coba barang yang akan dibeli sehingga kita hanya bisa berasumsi dari komentar atau review dari para pembeli yang sudah melakukan transaksi.
  • Kasus penipuan online yang marak karena pembeli yang tidak teliti sangat banyak terjadi, kebanyakan pembeli tertipu sudah melakukan transfer tapi sampai kiamat barang juga tidak dikirim kirim.
  • Ukuran asli barang tidak sesuai dengan seperti gambar yang disertakan
  • Menunggu pengiriman yang biasanya menjadikan was was para pembeli.

Nah dari sekian banyak kelebihan dan kerugian belanja online diatas, apakah pernah dialami juga oleh anda? Share disini yuk kesan kesan belanja online kalian !

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*