Home / Ekonomi / Keuangan / Rupiah merangkak naik ke 12.400 per dolar AS

Rupiah merangkak naik ke 12.400 per dolar AS

Nilai tukar rupiah di pasar uang spot antarbank Jakarta awal pekan ini menguat karena banyak pelaku pasar menahan diri menjelang libur panjang Natal dan tahun baru.

Rupiah pada Senin sore ditransaksikan pada 12.400 per dolar AS, menguat 97 poin dibanding penutupan akhir pekan lalu 12.497 per dolar AS.

“Rupiah menguat meski aktivitas transaksi di pasar uang dalam negeri cenderung sepi pada awal pekan ini. Hal itu dikarenakan sebagian investor mulai menahan transaksinya menyambut libur panjang,” kata pelaku pasar uang di Monex Investindo Futures.

Sampai awal tahun depan pelaku pasar cenderung menghindari transaksi jangka pendek. Volume transaksi kemungkinan akan kembali menguat setelah libur tahun baru.

“Meski demikian, penguatan masih cenderung terbatas dikarenakan investor masih terlihat waspada mencermati perkembangan ekonomi global pada tahun 2015 mendatang,” katanya.

Kepala Riset Woori Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada menambahkan bahwa Bank Indonesia yang dikabarkan akan mendorong mata uang rupiah ke kisaran 11.900-12.300 per dolar AS. Dan, itu menjadi salah satu sentimen positif yang mendorong rupiah sekarang ini.

“Aksi BI itu dikarenakan potensi dolar AS untuk kembali bergerak menguat masih kuat seiring spekulasi kenaikan suku bunga The Fed akan terjadi pada awal kuartal pertama 2015,” katanya.

Sementara menurut kurs tengah Bank Indonesia, rupiah berada pada 12.435 per dolar AS, lebih baik dari posisi sebelumnya 12.500 per dolar AS.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*