Home / Nasional / Pemerintahan / Rumah Pintar Pemilu diharapkan tingkatkan partisipasi pemilih

Rumah Pintar Pemilu diharapkan tingkatkan partisipasi pemilih

Komisioner KPU Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro mengatakan Rumah Pintar Pemilu Pandhalungan Kabupaten Jember diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam setiap momentum pemilu yang digelar di wilayah setempat.

“Rumah Pintar Pemilu Pandhalungan mendapatkan tantangan berat ke depannya terutama untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu baik pemiilihan umum kepala daerah, pemilihan umum legislatif, maupun pemilihan umum presiden,” katanya usai meresmikan Rumah Pintar Pemilu Pandhalungan di Kantor KPU Kabupaten Jember, Jumat sore.

Ia menyambut baik adanya rumah edukasi pemilu tersebut bisa berdiri di KPU Jember, meskipun untuk pembangunan Rumah Pintar Pemilu bisa dibilang cukup terlambat dibandingkan dengan daerah lain.

“Kehadiran Rumah Pintar Pemilu Pandhalungan itu akan semakin meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemilu karena rumah itu akan menjadi pusat pendidikan untuk pemilih,” ucap mantan Komisioner KPU Jember itu.

Selain itu, lanjut dia, Rumah Pintar Pemilu tersebut menangkal berbagai isu yang buruk tentang pemilu di masyarakat karena di media sosial ditemukan banyak sekali informasi mengenai pemilu yang disajikan sepotong, sepihak dan tidak benar.

“Mudah-mudahan Rumah Pintar Pemilu Pandhalungan bisa meningkatkan angka partisipasi pemilih dalam agenda terdekat yakni Pemilihan Gubernur Jawa Timur karena pemilu sangat penting untuk menentukan arah pembangunan di Indonesia,” katanya.

Sementara Ketua KPU Jember Ahmad Anis mengatakan Rumah Pintar Pemilu Pandhalungan sangat membantu masyarakat untuk mengetahui segala hal tentang pemilu seperti sejarah pemilu, data hingga peraturan terbaru tentang pemilu bisa diakses oleh siapa saja.

Menurutnya pihak KPU Jember berusaha menghadirkan Rumah Pintar Pandhalungan dengan istimewa untuk melayani masyarakat dan lebih atraktif dengan menghadirkan audio visual yang cukup menarik.

“Rumah Pintar Pemilu Pandhalungan bukan hanya masyarakat umum saja, namun juga untuk memberikan edukasi kepada pelajar dan pemilih pemula, sehingga mereka bisa mengetahui segala hal tentang pemilu,” ujarnya.

 

Sumber :AntaraNews

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*