Home / Nasional / Pemerintahan / Ribuan Desa di Indonesia Membutuhkan Perguran Tinggi

Ribuan Desa di Indonesia Membutuhkan Perguran Tinggi

Tidak bisa dipungkiri lagi, pendidikan di Indonesia masih belum sepenuhnya merata. Kita bisa menyaksikan masih banyak anak anak yang putus sekolah terutama yang tinggal di daerah pelosok. Pembangunan sistem pendidikan masih belum bisa dirasakan oleh beberapa orang yang tinggal di pedesaan. Sampai saat ini setidaknya terdapat 75 ribu desa yang menyebar di berbagai pulau di Indonesia membutuhkan perguran tinggi. perguruan tinggi ini sangat penting karena agar setelah lulus SMA mereka bisa melanjutkan pendidikannya lagi untuk bisa membangun dan mengembangkan ilmunya.

Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT). Bahwa saat ini terdapat 75 ribu desa yang menyebar diseluruh Indonesia yang perlu diperhatikan dan membutuhkan tanggung jawab yang tidak mudah dari perguruan tinggi. Harapannya, Perguruan tinggi sebagai institusi keilmuan bisa diajak bekerja sama dengan Kemendesa guna meningkatkan kualitas pendidikan tingkat lanjut terutama di daerah pelosok. Sebab di berbagai daerah masih banyak anak anak yang hanya Tamatan SMA saja, tentu ini perlu ditingkatkan karena bisa sulit bersaing dalam industri kerja.

Saat ini masih banyak desa yang belum tersentuh perguruan tinggi, dan masih belum bisa memahami kondisi tekstual dari setiap desa tersebut, ujarnya”. saat ini kemendesa masih menghadapi kesulitan dalam menetapkan Leverage apa yang dibutuhkan oleh desa, dan masih mencari tahu penyebab suatu desa masih tertinggal terutama dalam masalah pendidikan.

Adanya perguruan tinggi di desa tentu ini akan menguatkan daya saing individual dan juga bisa meningkatkan kualitas pendidikan di desa tersebut. sehingga bisa memberikan kontribusi yang baik bagi pemerintah. Terkait dengan UU Desa yang sudah ada, masih memeliki kesulitan sebab masih banyak rintangan yang dihadapi di Desa.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*