Home / Nasional / Pemerintahan / RI Membidik Amerika Selatan Untuk Meningkatkan Ekspor

RI Membidik Amerika Selatan Untuk Meningkatkan Ekspor

Saat ini Pemerintah sedang berfokus untuk kembali meningkatkan Ekspor indonesia. indonesia sedang memperluas negara negara sebagai tujuan ekpsor indonesia terutama dalam peningkatan ekspor Non-migas RI. Saat ini yang menjadi tujuan ekspor utama non migas adalah negara negara yang non tradisional. Hal ini untuk mampu menembus dan meningkat kan ekpsor indonesia. negara yang sudah ada adalah wilayah Amerika Selatan, Afrika dan Eropa. Namun yang sangat memberikan peluang besar adalah wilayah Amerika Selatan. Negara Bagian amerika selatan sangat berpeluang untuk menjadi pengimpor bagi produk produk indonesia namun yang menjadi kendala adalah nilai perdagangan yang terbilang masih sangat kecil.

Target utama indonesia membidik amerika selatan sebagai tujuan ekspor non migas karena amerika selatan masih sangat berpotensi besar sebagai pasar bagi produk indonesia, terutama barang barang konsumsi dan juga produk tekstil, otomotif, dan hasil pertanian sehingga lankah untuk meningkatkan ekspor indonesia dengan memilih amerika selatan dinilai sudah sangat tepat. Pada tahun sebelumnya catatan nilai ekpsor indonesia ke Negara bagian Amerika Selatan masih sangat minim yaitu total eskpor Indonesia sebesar US$ 2 miliar dengan Produk Non Migas sebagai produk ekspor unggulan utama, negara yang di tuju seperti, Brazil, Peru, Chili, Argentina dan Uruguay.

Angka tersebut masih sangat minim mengingat peluang yang besar masih sangat tersedia, oleh sebab itu pemerintah berencana untuk kembali meningkatkan ekpsor indonesia ke Amerika selatan. Selain itu kondisi ekonomi di wilayah amerika selatan terbilang sangat stabil karena tidak terpengaruh oleh krisis ekonomi yang menlanda eropa.

Yang masih menjadi kendala adalah, Ekpsortir indonesia menilai Amerika Selatan masih terlalu jauh untuk di lakukan ekspor dan keuntungan masih belum mampu untuk di perkirakan dan juga beberapa negara di Amerika Selatan tidak ada dalam struktur promosi. Selain itu, produk yang dihasilkan juga masih belum berorientasi pada customer. Namun pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan produk yang akan di kirim ke amerika selatan karena peluang di sana masih sangat besar.

Hasil pencarian dari:

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*