Home / Ekonomi / Dunia Usaha / Rahasia Menang Persaingan Dalam Era Digital

Rahasia Menang Persaingan Dalam Era Digital

Perkembangan digital yang semakin pesat menimbulkan persaingan yang sangat ketat didunia perdagangan. Saat ini hampir setiap industri sudah mengandalkan digital sebagai alat untuk berjualan. Banyak dari mereka yang terus berinovasi agar bisa bersaing di era digital yang sudah semakin canggih. Banyak produsen yang memproduksi barang yang tak jauh berbeda karena adanya keterbukaan informasi.

Hal ini yang akan menimbulkan persaingan ketat dan bahkan ada beberapa produsen yang tidak bisa bertahan dan harus gugur karena gagal untuk bersaing. Founder and Chairman MarkPlus, Inc Hermawan Kertajaya mengatakan, rahasia memenangkan persaingan adalah dengan terus menerus menciptakan perbedaan (diferensiasi). Hal ini seharusnya berjalan dengan baik dari sisi barang ataupun pemasaran.

Jika diferensiasi hilang hal ini akan menyebabkan kejenuhan. Ia juga menambahkan bahwa jika adanya kejenuhan pada produk tertentu itu artinya menggambarkan adanya kelebihan pasokan . dan hal ini sangat penting agar bisa menciptakan hal berbeda untuk menghilangkan kejenuhan.

Perbedaan ini bisa menjadi kunci sukses bersaing di era digital. Selain itu, kita juga perlu memiliki strategi jitu agar bisa memasarkan produk secara efisien. Ditengah persaingan yang ketat, maka kita harus bisa mengetahui kondisi masyarakat Indonesia sehingga pemasaran dan penjualan produk menjadi lebih terarah.

Pemasaran Era digital di Indonesia terbagi menjadi tiga bagian yaitu demografi (demographic), psikografi (psychographic), dan tingkah laku (behavioral). Masing masing tersebut sudah memiliki daya beli yang cukup tinggi. tinggal bagaimana kita untuk masuk dan bersaing.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*