Home / Gaya Hidup / PHBS di Sekolah

PHBS di Sekolah

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah perilaku kesehatan yang dilakukan dengan kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga lainnya bisa menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan dan  memiliki peran aktif dalam kegiatan sehari-hari dilingkungan masyarakat.

PHBS bisa dilakukan dimana saja, salah satunya adalah PHBS disekolah. Sekolah adalah tempat dilakukannya proses belajar mengajar secara formal, dimana ada transformasi ilmu pengetahuan antara guru dan muridnya. Sekolah memiliki peran penting dalam pendidikan karena dampak nya luas sekali pada jiwa anak. Oleh sebab itu, sebagai pusat pendidikan, sekolah bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk membentuk karakter pribadi anak.

PHBS disekolah merupakan langkah memberdayakan siswa, guru dan mayarakat lingkungan sekolah agar bisa menerapkan PHBS dan memiliki peran untuk menciptakan sekolah sehat.

Indikator PHBS di Sekolah

Mencuci Tangan Pakai Sabun

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat disekolah bisa dimulai untuk membiasakan murid ataupun guru untuk cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebelum makan, sesudah makan dan setelah buang air. Cuci tangan pakai sabun bisa mencegah penularan penyakit diare, kolera, disentri, typus, cacingan, penyakit kulit, hepatitis A, ISPA, flu burung, dan lain sebagainya.

Makan Jajanan Sehat di Kantin

Dilingkungan sekolah, guru dan siswa membeli makanan yang bersih dan sehat dikantin yang sudah disediakan. Makanan sehat ini harus sudah mengandung protein,karbohidrat,mineral dan vitamin. Makanan sehat membuat tubuh menjadi sehat.

Menggunakan Jamban Sehat

Jamban yang digunakan para siswa dan guru disekolah harus sudah memenuhi standar kesehatan yaitu (leher angsa dengan septictank, cemplung tertutup) dan terjaga kebersihannya. Jamban sehat yaitu yang tidak mencemari sumber air, tidak berbau kotoran dan tidak mencemari tanah sekitar.

Memberantas Jentik Nyamuk

Sekolah bisa menjadi penyebaran nyamuk demam berdarah. oleh sebab itu harus dilakukan kegiatan memberantas jentik nyamuk untuk menghindari penyakit demam berdarah. memberantas jentik nyamuk disekolah dengan menerapkan 3 M yaitu (menguras, menutup, dan mengubur) tempat tampungan air seperti, bak mandi, ban bekas, tempat air minum dan tempat lain yang digenangi air.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*