Home / Nasional / PGRI- Pendidikan Pancasila Harus Jadi Mata Pelajaran

PGRI- Pendidikan Pancasila Harus Jadi Mata Pelajaran

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rasyidi menguatarakan agar pendidikan Pancasila bisa dijadikan mata pelajaran tersendiri dan dipisahkan dari pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Ia juga menambahkan, saat ini kita lihat Pancasila sebagai dasar negara sudah mulai luntur di Sekolah, bukan hanya itu ideologi yang memiliki unsur radikalisme dan intoleransi sudah masuk ke lembaga pendidikan. “ucapnya”

Adanya pemisahan antara mata pelajaran PPKN dan Pancasila perlu dilakukan. Sebab pelajaran PPKN hanya sebatas mempelajari administrasi kenegaraan, dan Pancasila tidak lagi dijadikan sebagai dasar prilaku berbangsa dan bernegara.

Ia juga menambahkan, saat ini idealnya Pancasila seharusnya bisa menjadi jiwa keseluruhan bangsa dalam bertindak. Sehingga sangat penting dilakukan reaktualisasi nilai-nilai Pancasila. Selain reaktualisasi Pancasila, di lingkungan sekolah juga harus diterapkan prakteknya dan juga di lingkungan sehari hari Misalnya upacara bendera yang kini tidak setiap sekolah melaksanakannya,” katanya.

Sehingga Ketua PGRI itu pun meminta kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Kementerian Agama perlu melakukan kajian reaktualisasi nilai Pancasila. Selain itu, disekolah juga jangan hanya aktif menyanyikan lagu Indonesia Raya namun juga seluruh tentang Indonesia, dan kegiatan siswa juga harus memuat nilai yang berwawasan kebangsaan.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*