Home / Internasional / Pemerintah Malaysia Tidak Berniat Putus Hubungan Dengan Korea Utara

Pemerintah Malaysia Tidak Berniat Putus Hubungan Dengan Korea Utara

Selama beberapa pekan ini, kondisi hubungan Antara Malaysia dan Korea Utara semakin memanas. Hal ini terlihat dari diusirnya Duta Besar Korea Utara untuk Malaysia. Selisih paham ini terjadi pasca pembunuhan kakak tiri Kim Jong Un yang terjadi di Bandara Kuala Lumpur. Dalam kejadian tersebut, para pelaku sudah berhasil diamankan dan ada satu orang WNI yang diamankan.

Namun Pemerintah Korea Utara meminta agar Jenazah Kim Jong Nam segera di terbangkan ke Korea Utara tanpa harus melewati otopsi. Namun pemerintah Malaysia menolak dan Meminta Korea Utara untuk menghormati hukum di negara tersebut. hal ini memicu perdebatan diplomatik kedua negara dan hubungan semakin memanas yang memicu aksi balas membalas mengusir duta  besar.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, menyampaikan bahwa, Malaysia tidak ada niat untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Korea Utara. Pernyataan tersebut disampaikan setelah Duta Besar Malaysia untuk Korea Utara di Usir, dan Pemerintah Korea Utara melarang warga Malaysia untuk meninggalkan negara tersebut, sebagai bentuk balasan terhadap aksi Malaysia.

Najib juga menjelaskan bahwa, Malaysia adalah negara yang bersahabat dengan Korea Utara. Najib juga berusaha memberikan jaminan bahwa tidak ada ancaman terhadap keselamatan 11 warga Malaysia di Korea Utara. Dan berharap Pemerintah Korea Utara memberikan izin warga nya untuk keluar dari Korea Utara.

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*