Home / Ekonomi / Pasar Modal Sumbang Rp 110 Trilun Pajak Negara

Pasar Modal Sumbang Rp 110 Trilun Pajak Negara

Peningkatan pertumbuhan ekonomi Nasional didorong oleh berbagai sektor. Salah satunya adalah Pasar Modal. Pasar modal punya peran penting untuk meningkatkan pendapatan negaral. Pasar modal memberikan kontribusi tinggi untuk pertumbuhan laju ekonomi nasional. Hal ini bisa terlihat dari sumbangan pajak negara dari sektor pasar modal.

Menurut keterangan Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), pasar modal memberikan kontribusi sebsar 10% dari total setoran pajak pada tahun 2016. Pasar modal menyetor hingga Rp 110 triliun. Pajak yang dibayarkan kepada pemerintah, kalau pajak sekitar Rp 1.100 triliun 10% pajak itu kontribusi pasar modal. “kata Direktur BEI.

Setoran pajak pasar modal didapatkan dari berbagai jenis seperi, Deviden yang menyumbang Rp 12.99 triliun, obligasi Rp 4.43 triliun, saham Rp 1.84 triliun, anggota bursa Rp 0.64 triliun, IPO, 0.01 triliun dan emiten saham Rp 89.70 triliun.

Berdasarkan data BEI, sepanjang tahun 2016, pasar modal sudah mengumpulkan dana hingga Rp 674,39 triliun. Dari seluruh dana yang sudah dihimpun, ada 1.8 juta orang yang bekerja untuk pasar modal. Selain itu penggalangan dana jangka panjang hampir menyentuh Rp 700 triliun.

 

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*