Home / Internasional / Mesir Buka Kembali Perbatasan Gaza

Mesir Buka Kembali Perbatasan Gaza

Belum lama ini Mesir kembali membuka daerah yang menjadi pelrintasan perbatasan Rfah dengan Jalur Gaza selama tiga hari. Hal ini agar warga Palestina yang terlantar bisa kembali pulang ke Daerah masing masing. Selain itu situasi jalur gaza pun dinilai sudah cukup kondusif dan masuk dalam wilayah aman.

Langkah ini dinilai oleh pejabat Palestina sebagai bentuk kemanusiaan, sehingga akan memungkinkan warga Palestina yang terlantar di Mesir atau tempat lainnya bisa kembali ke Gaza termasuk juga para pelajar dan orang sakit.

Pihak berwenang Mesir membuka jalur perbatasan Rafah dengan Palestina selama tiga hari yaitu sabtu, minggu dan senin. Dan diberlakukan hanya satu arah agar warga Palestina yang berada di mesir bisa kembali ke rumahnya lagi. “itulah  pernyataan otoritas Mesir yang dikutip kantor berita AFP.

Seperti diketahui, Jalur Gaza telah di Blokade oleh Israel hampir selama satu dekade. Para milisi Palestina di Gaza bertempur dalam tiga perang dengan Israel sejak tahun 2008. Perbatasan Rafah adalah satu satunya pintu gerbang Gaza ke dunia luar yang tidak dikendalikan ileh Israel. Namun sebagian besar sudah di tutup selama beberapa tahun terakhir mengingat ketegangan yang terjadi antara Mesir dan Pimpinan Hamas di Gaza

 

About Trend Indonesia

Trend Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*